Selai merupakan bahan makanan yang paling enak saat disajikan bersama roti tawar. Namun selai yang dijual di pasaran akan sangat menguras kantong mengingat harganya yang tak bisa dibilang murah. Membuat selai sendiri merupakan jawaban yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini.

Selain menghemat pengeluaran, dengan membuatnya sendiri tentu kamu akan mendapatkan selai yang lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa membuat selai sendiri akan sangat merepotkan. Tetapi itu tidak berlaku dalam membuat selai kacang ini karena prosesnya sangat mudah dan bahan-bahan yang diperlukan pun dapat dijumpai di toko-toko terdekat.

Lantas apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat selai kacang dan bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan yang diperlukan:

250 gr kacang tanah

1-2 sdm madu, jika tidak ada kamu bisa menggunakan gula pasir halus

½ sdt garam

1-2 sdm minyak zaitun, bisa diganti dengan minyak goreng jika tidak ada (optional atau bisa dihilangkan jika kamu tidak suka)

Langkah-langkah Membuat Selai Kacang:

  1. Ambil dan panaskan wajan berukuran sedang. Masukkan kacang tanah saat wajan sudah panas. Sangrai kacang selama kurang lebih 10 menit dengan api kecil atau sedang. Usahakan untuk mengaduk kacang terus menerus agar tidak ada bagian yang gosong.

Kamu juga bisa menggoreng kacang tersebut atau memanggangnya. Jika kamu menggunakan metode menggoreng, maka hilangkan penggunaan minyak tambahan ke dalam resep.

  1. Setelah warnanya berubah menjadi kecoklatan, masukkan kacang yang telah disangrai tersebut ke dalam mangkuk food processor atau kamu bisa menggunakan blender kecil untuk bumbu jika tidak menggunakan food processor.

Kemudian blender kacang hingga halus dan lembut.

  1. Jika dirasa tekstur kacang sudah halus atau kamu sudah mencapai tekstur yang diinginkan, campurkan madu, garam, serta minyak zaitun ke dalam kacang. Lanjutkan proses selama 5-10 menit.
  2. Cicipi rasa selai kacang yang kamu buat. Jika dirasa ada yang kurang, silahkan tambahkan bahan sesuai selera. Proses kembali selai selama 5-10 menit. Kemudian Selai kacang siap disantap.
Mau Selai Kacang Murah dan Sehat? Begini Cara Membuatnya!
Scroll to top