Tepung ketan merupakan salah satu tepung yang terbuat dari beras ketan yang sudah direndam. Dibuat dengan cara digiling atau ditumbuk sehingga butiran berasnya berubah menjadi serbuk-serbuk tepung. Tepung ketan dapat dibuat menjadi beberapa model jajanan. Baik jajanan tradhisional maupun modern. Tepung ketan hampir sama dengan tepung beras, hanya saja tepung ketan memiliki tekstur yang lebih lengket karena beras ketan ini memiliki lebih banyak kandungan pati. Tepung ketan bisa diolah menjadi beberapa olahan makanan, seperti:

Table of Contents

1) Makanan tradhisional onde-onde

Onde-onde adalah variasi olahan makanan berbahan dasar ketan yang menggunakan wijen pada bagian luarnya. Dengan isian kacang hijau rasa manis legit yang terkandung di dalamnya, onde-onde dibuat dengan cara digoreng.

2) Bubur Ketan

Selain pembuatan onde-onde, tepung ketan juga bisa dibuat sebagai bubur ketan. Bubur ketan ini menyerupai bubur sumsum yang biasa dicampur dengan candil karena terbuat dari tepung ketan yang halus. Bubur ketan yang satu ini bisa dimakan dengan varian siraman gula merah cair atau dengan campuran candil.

3) Bolu Ketan

Selain teksturnya yang sudah halus, makanya tepung ketan juga bisa berfungsi sebagai adonan untuk bahan dasar pembuatan bolu ketan. Bisa berupa bolu ketan hitam atau bolu ketan putih. Dengan campuran aneka kocokan telur, pengembang, serta aneka rasa yang menjadi pilihan, bolu ketan bisa dibuat dengan cara dikukus maupun dioven.

4) Wingko Babat

Siapa sih yang tidak kenal dengan oleh-oleh khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang satu ini? Wingko babat selain terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan gurih juga menjadi incaran utama buah tangan. Maka wingko babat yang terbuat dari bahan-bahan berupa campuran kelapa parut, vanili, santan, gula, tepung ketan dan garam ini dijadikan satu dalam sebuah cetakan pipih lalu dimasak hingga matang.

5) Kue tradhisional Manado, Ku

Kue olahan berikutnya yang terbuat dari tepung ketan adalah kue ku. Biasanya, kue ku ini dibuat dengan warna merah dengan isian berupa isian kacang hijau. Tidak hanya itu, selembar daun pisang yang diiris sangat tipis dan kecil dijadikan toping pada bagian atasnya.

Macam-Macam Olahan dari Tepung Ketan
Scroll to top