Langkah Mudah Mengoperasikan ROM Manager HP Android

Salah satu keuntungan memiliki ponsel Android salah satunya adalah banyak sekali aplikasi yang tersedia di toko aplikasinya, yaitu Google Play Store. Salah satunya adalah aplikasi ROM Manager. Banyak orang terutama pengguna Android mengetahui, bahwa kustom ROM bisa mengubah seluruh nuansa dan tampilan ponsel. Hal ini akan membuat kamu ada pada versi terbaru Android, bahkan pada saat produsen gadget menolak untuk memperbaharui perangkat.

Salah satu aplikasi ini adalah ROM Manager. Aplikasi yang bekerja dengan sangat baik ini memungkinkan kamu untuk mencari dan menemukan kustom ROM, walaupun aplikasi ini merupakan aplikasi lama.

ROM Manager merupakan sebuah aplikasi yang bisa diunduh secara langsung di ponsel Android yang telah di-root. Dan diatur untuk instalasi recovery otomatis. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatasi masalah pada saat mengelola pemulihan ROM dan mod instalasi secara manual dengan me-reboot ke pemulihan dan mem-flash file zip secara manual lalu melakukan pembersihan cache yang juga manual.

ROM Manager adalah aplikasi tanpa bayar yang bisa diunduh untuk membereskan semua aktivitas pemulihan ROM dan mod secara manual tadi. bahkan bisa digunakan untuk melakukan banyak hal selain mengatasi masalah pemulihan ROM dan mod. Fitur aplikasi ROM Manager termasuk manajemen ROM, pemulihan, backup dan restore, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk melakukan flashing menggnakan custom recovery ClockworkMod terbaru.

Table of Contents

Cara Mengoperasikan ROM Manager HP Android

pexels.com

Aplikasi ini akan membuang jauh-jauh stigma dari para pengguna Android bahwa melakukan flashing atau instalasi custom ROM dapat merusak dan membuat ponsel mati total bila gagal diinstal di ponsel.  Berikut merupakan langkah-langkah mudah yang akan kami sampaikan untuk bisa mengoperasikan ROM Manager di ponsel Android, dan sebelumnya kalian dapat mengunduh ROM Manager yang sesuai di website Mastekno. Jika sudah lanjut dengan langkah berikut :

  1. Unduh dan instal aplikasi ROM Manager. Aplikasi ini bisa ditemukan di Google Playstore,
  2. Setelah menginstal, masuk ke aplikasi lalu  jalankan aplikasi dari menu utama, tekan “Falas ClockworkMod Recovery”. Biasanya akan ada permintaan untuk mengkonfirmasi model ponsel. Pilih model ponsel kamu dan ponsel akan reboot daln flash CWM
  3. Sebelum menginstal ROM custom, ada baiknya untuk membuat cadangan ROM. Untuk melakukannya, sentuh pada “Backup ROM Now. Berikan nama file backup, lalu sentuh OK,
  4. Akan mncul permintaan  untuk memungkinkan ROM Manager mengakses superuser, sentuh saja “Allow” untuk memberi izin. Proses backup memerlukan beberapa waktu, dan tunggu sebentar,
  5. Apabila sudah selesai, buka kembali aplikasi ROM Manager dan sentuh “Install ROM from SD Card”. Cari folder tempat kamu tadi meletakkan file .zip.
  6. Selanjutnya akan ada pop up muncul dengan tiga pilihan; Backup Existing ROM, Wipe Data and Cache, dan Wipe Dalvik Cache. Beri tanda centang pada dua yang terakhir (Wipe Data and Cache dan Wipe Dalvik Cache) dengan menyentuh tanda centang, lalu sentuh OK
  7. Kini, ponsel kamu akan reboot dan mulai menginstal Custom ROM. Ini mungkin akan kembali memerlukan beberapa lama waktu, kurang-lebih hingga limabelas menit. Biasanya perangkat terlihat seperti akan dibekukan. Tak usah khawatir, karena itu hal yang wajar,
  8. setelah selesai boot, akan ada permintaan untuk memasukan rincian akun Google kamu.

Kelebihan Melakukan Costum ROM

Perlu diketahui juga, bahwa custom ROM dikembangkan oleh pihak ketiga. Melakukan custom ROM memang berdampak pada peningkatan kinerja dan optimalisasi perangkat, yang menjadikan pengguna Android lebih maksimal dalam mengoperasikan ponselnya. Hal yang seringkali terjadi pada ROM Android biasanya ketika rilis pembaharuan dari pihak pengembang OS, pihak pengembang independen atau pihak ketiga akan segera menggarap pembaharuan tersebut agar bisa dipakai pada berbagai macam perangkat.

Maka dari itu custom ROM akan lebih cepat merilis update daripada stock ROM yang harus lebih dulu melewati tahap edit vendor ponsel atau operator seluler.  Agar dapat memaksimalkan penggunaan memori SD Card eksternal sebagai tempat penyimpanan aplikasi kalian dapat melakukan custom ROM. Keuntungan lainnya, restriksi yang ada pada stock ROM akan hilang, sehingga dapat dengan lebih leluasa mengakses sistem.

Kekurangan Melakukan Costum ROM

pexels.com

Penting pula memperhatikan aplikasi apa yang cocok untuk mengelola ROM Android kamu. Karena pada banyak kasus, melakukan flashing dan instalasi banyak bug. Menginstal custom ROM dengan kondisi seperti ini bisa mengakibatkan perangkat Android kamu akan kehilangan file. Bahkan, ketika melakukan custom ROM akan terdapat (bug) atau masalah pada perangkat. Karena pada beberapa kasus ketika kita melakukan costum ROM akan ada fungsi atau aplikasi yang mungkin tidak beroperasi dengan normal atau bahkan bisa tidak dapat digunakan sama sekali.

Satu hal kecil yang mungkin akan jadi pertimbangan kamu adalah garansi ponsel atau tablet PC akan hilang atau batal sejak saat kamu menginstalasi Custom ROM. Pemilihan ROM Manager yang merupakan aplikasi pengelolaan ROM asli merupakan pilihan mudah dan aman agar ponsel Android kamu bisa bekerja dan memberikan kinerja secara maksimal dan akan memuaskan.

Penggunaan aplikasi semacam ini sangat membantu bagi kamu yang memiliki banyak kesibukan yang harus terfasilitasi dengan ponsel pintar. Selain membuat kinerja ponsel lebih baik, pemilihan aplikasi custom ROM yang baik akan membuat ponsel pintar kamu lebih awet.

Scroll to top