Seperti yang diketahui tempat air minum besar atau dikenal dengan istilah dispenser merupakan barang yang dapat menyimpan air dalam kapasitas besar. Tempat air yang satu ini sering digunakan untuk kegiatan berkemah atau piknik di alam terbuka karena dianggap praktis dan nyaman. Berbicara tentang tempat air minum, sekarang sudah banyak dijumpai berbagai merek dengan keunggulan yang berbeda.

Nah, sebelum membeli dispenser atau tempat air minum, maka ada baiknya untuk mengetahui ciri-ciri wadah air minum yang bagus dan aman. Perlu diketahui bahwa tidak semua produk yang tersedia di pasaran aman dan berkualitas. oleh karena itu pastikan untuk menelitinya sebelum membeli. Berikut ini beberapa ciri tempat air minum yang bagus dan juga aman, yaitu:

Ketahui ciri-ciri Tempat Air Minum Besar yang Aman

Memiliki Label BPA-Free

Salah satu ciri tempat minum besar yang bagus dan juga aman yaitu terdapat label BPA-Free pada botolnya. Jika Anda mencari tempat minum yang berbahan dari plastik, maka memilih label BPA-free sangat di sarankan. BPA (Bishopeno-A merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan untuk pembuatan polycarbonate.

Sekarang ini tempat minum dengan menggunakan bahan polikarbonat memang banyak dipilih karena lebih aman dan awet. Jadi bagi yang sekarang ini bingung mencari tempat minum besar yang berkualitas, maka sebaiknya untuk mencari bahan yang satu ini. Namun perlu diingat bahwa ikatan BPA yang ada di tempat minum bisa terlepas apabila terkena paparan sinar matahari secara langsung.

pxhere.com

Tedapat Kode di Bawah Botol

Ciri selanjutnya yang menunjukkan botol tersebut aman untuk digunakan yaitu adanya simbol segitiga berpanah yang berisi angkat 1-7. Selain itu juga terdapat kode huruf di bagian bawah simbol segitiga berpanah tersebut. Perlu diketahui bahwa masing-masing angka yang terdapat pada segitiga tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Lalu apa maksud dari kode angka yang terdapat di bagian bawah tempat minum? Kode-kode tersebut merupakan sebuah kode yang mengartikan bahan baku yang digunakan boto. Dengan mengetahui bahan bakunya, tentu Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terbuat dari Bahan yang Aman

Satu lagi hal yang perlu diketahui terkait ciri tempat minum yang bagus dan aman yaitu bisa Anda lihat dari bahan yang digunakan. Umumnya wadah minuman yang terdapat di pasaran terbuat dari berbagai macam bahan seperti polikarbonat, politilena, polieter, aluminium, stainless steel, kaca dan lain sebagainya. Perlu diketahui, masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah bingung mencari wadah air yang berbahan aman, maka sebaiknya untuk memilih wadah yang terbuat dari bahan aluminium dan stainless steel. Banyak yang mengatakan bahwa kedua bahan tersebut cenderung lebih kuat dan awet dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya.

pixabay.com

Ketahui Kode yang Terdapat Pada Tempat Air Minum

Seperti yang diketahui bahwa setiap wadah minuman pasti memiliki kode yang berada di bagian bawah. Tahukah Anda bahwa kode-kode angka dan huruf tersebut memiliki makna atau arti yang berbeda-beda. Agar lebih jelasnya berikut makna kode dan juga simbol yang terdapat pada bagian bawah wadah plastik, yaitu:

Kode 1 (PET/PETE)

mengartikan bahwa tempat atau wadah minum tersebut terbuat dari bahan polyethylene yang aman digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman panas. Nah, jika Anda membutuhkan wadah air minum yang bagus namun dengan harga terjangkau, bahan yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Kode 2 (HDPE/DE-HD)

Kode selanjutnya yang juga sering dijumpai pada botol yaitu kode 2 yang berarti wadah tersebut terbuat dari bahan high-density polyethylene. Hampir sama dengan kode sebelumnya, untuk bahan yang digunakan pada kode 2 ini juga aman digunakan lebih dari satu kali pemakaian. Bahan jenis ini, umumnya tahan terhadap senyawa kimia sehingga sering dipakai pada botol susu, galon isi ulang ataupun jus.

pxhere.com

Kode 3 (PVC/V)

Kode 3 pada tempat air minum besar memiliki arti bahwa wadah tersebut terbuat dari bahan-bahan polyvinyl chloride yang mana memiliki sifat stabil, kuat, dan fleksibel. Namun perlu diingat bahwa bahan ini tidak boleh dipakai untuk wadah makanan ataupun minuman. Hal tersebut karena bahan polyvinyl chloride memiliki sifat dapat menghasilkan polusi klorin yang tinggi.

Itulah sedikit informasi singkat tentang ciri-ciri tempat air minum besar yang bagus dan juga aman. Bagi Anda yang sekarang tengah sibuk mencari tempat air minum yang aman maka, pastikan untuk memilih Botolista. Keunggulan yang ditawarkan oleh produk Botolista ini yaitu terbuat dari bahan-bahan yang aman, tersedia banyak pilihan dan harganya yang terjangkau. Jadi segera miliki sekarang juga

 

 

 

Cari Tempat Air Minum Besar Bagus? Coba Cek Ciri-Cirinya Di sini
Scroll to top