Tak dapat dipungkiri bahwa memilih jurusan kuliah perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan sebab bisa menjadi penentu masa depan. Salah menentukan jurusan kuliah, maka berbagai kesulitan akan menghadang Anda selama masa perkuliahan dan menyebabkan Anda menjadi malas kuliah dan berujung pada hasil yang mengecewakan. Inilah pentingnya Anda mengetahui jurusan kuliah saintek vs soshum agar penjurusan bisa lebih akurat.

Table of Contents

Mengenal Peluang Kerja dari Jurusan Saintek dan Soshum

Kuliah Jurusan Saintek

Nah jika Anda merupakan siswa dengan basic jurusan IPA atau jurusan teknik, maka kuliah bidang saintek yang bsia dipertimbangkan diantaranya

Pendidikan Dokter; jurusan saintek yang paling diminati di Indonesia ini  memiliki peluang yang cukup luas diantaranya menjadi dokter pada klinik pemerintah atau swasta, menjadi dokter yang buka klinik sendiri maupun menjadi praktisi kesehatan dan peneliti. Pilihan kampus yang bsia dipertimbangkan antara lain Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia ataupun Universitas Diponegoro.

Farmasi; masih di dunia kesehatan, jurusan farmasi menawarkan peluang pekerjaan sebagai apoteker, peneliti hingga konsultan obat dan kosmetik. Sementara beberapa pilihan kampus yang diminati antara lain Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran dan Universitas Hasanuddin.

Ilmu Gizi; kuliah di prodi ini memiliki peluang kerja di antara lain sebagai konsultan gizi pada klinik maupun rumah sakit, analis di perusahaan pangan, ahli diet atau berwirausaha sendiri. Pilihan kampus dinataranya di Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada ataupun di Universitas Airlangga.

Statistika; berhubungan dengan angka, kuliah di jurusan ini mempelajari tentang analisis data pada berbagai macam bidang ilmu dan cocok untuk ditempatkan di berbagai bidang seperti di dunia perbankan, perusahaan besar, lembaga statistik maupun manufaktur. Kampus yang bisa diincar antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Institut Pertanian Bogor.

Arsitektur;  peluang kerja lulusan ini ada di dunia arsitek, konsultan maupun di perusahaan konstruksi. Kampusnya antara lain Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia dan Universitas Hasanuddin.

Teknik Informatika: menawarkan peluang kerja sebagai pengembang software, ahli  dan konsultan IT, konsultan keamanan hingga ahli jaringan. Anda bisa mempertimbangkan kampus  seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro dan Universitas Gunadarma misalnya.

Selain itu, Anda masih bisa mempertimbagkan sejumlah jurusan lain yang mungkin relevan dengan konsentrasi Anda selama masa pendidikan tinggi diantaranya Teknik Elektronika, Teknik Penerbangan, Teknik Pertambangan, Teknologi Panganm, Ilmu Keperawatan, Bioteknologi, Agroteknologi, Astronomi, Teknik Lingkungan, Biokimia, Teknik Industri, Planologi, Teknik Fisika ataupun Teknik Kimia. Anda juga bsia mendapatkan latihan soal SBMPTN Saintek dari berbagai sumber.

pixabay.com

Jurusan Kuliah Soshum

Jika Anda memilih jurusan IPS, Bahasa ataupun jurusan sosial, maka perkuliahan berikut ini bisa dipertimbangkan.

Ilmu Komunikasi;  kulaih ini menawarkan peluang kerja sebagai Humas, konsultan komunikasi, konsultan promosional perusahaan, penulis berita, penyiar, ahli media dan sebagainya. Anda bisa mempertimbangkan kampus sepertti Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya dan Universitas Sriwijaya.

Administrasi Bisnis; tentu saja Anda bisa memiliki dan membuat bisnis sendiri setelah lulusa dari perkuliahan ini. Anda juga bsia bekerja di semua kantor dan perusahaan, menjadi ahli pemasaran dan ahli tata kelola perusahaan. Untuk kuliah, kampus seperti  Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran dan Politeknik Negeri Jakarta bvisa dijadikan pertimbangan.

Perpajakan; menjadi konsultan pajak independen, sebagai konsultan pajak perusahaan swasta, akuntan, maupun konsultan bisnis bisa dijadikan peluang kerja yang menarik dari jurusan ini. Anda bsia menempuh kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Lambung Mangkurat.

Hubungan Internasional; kuliah di jurusan ini memiliki peluang kerja sebagai diplomat, duta besar, bekerja untuk kantor pemerintah untuk urusan luar negeri, menjadi konsulat jenderal, menjadi wartawan, peneliti maupun bekerja pada lembaga komersil maupun non-komersil berskala internasional. Kampus seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro dan Universitas Padjadjaran bisa dijadikan pilihan.

Hukum; peluang kerja yang dimiliki antara lain menjadi pengacara, jaksa, ahli hukum maupun menjadi konsultan. Anda bisa berkuliah di Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada maupun di Universitas Hasanuddin.

Masih ada banyak jurusan lain yang bisa dipertimbangkan dari basis ilmu sosial humaniora ini seperti Desain Komunikasi Visual, Psikologi, Akuntansi, Manajemen Perhotelan, Sastra Inggris, Penyiaran, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Guru, Jurnalistik, Manajemen Pariwisata, Ilmu Politik,

pixabay.com

Pilih Mana Antara Saintek VS Soshum?

Jangan bingung untuk memilih jurusan meskipun pilihan ini ikut menentukan masa depan. Sebaliknya, Anda perlu menentukan pilihan ini dengan tenang danndalam pikiran yang jernih. Nah untuk memudahkan Anda dalam memilih jurusan, ada beberapa tips yang bisa coba Anda terapkan diantaranya;

Kenali Potensi Diri

Tentu saja dengan mengenali potensi yang ada pada diri Anda, memilkih jurusan akan menjadi lebih mudah. setidaknya selangkah lebih dekat. Meskipun Anda bisa mengambil kedua jurusan sekaligus, akan lebih baik jika Anda menentukan mana yang menjadi prioritas sesuai kemampuan diri sehingga tidak memberatkan.

Kenali Minat

Ada kalanya Anda memiliki minat yang berbeda dari kemampuan. Yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa kuat minat Anda terhadap materi tersebut. Bisa saja Anda mengesampingkan jurusan kuliah yang menjadi kemampuan Anda dan memilih jurusan yang merupakan minat atau bahkan hobby Anda.

Biaya Kuliah

Realistis saja, biaya kuliah akan bergantung pada jurusan yang dipilih. Ada yang kurang dari Rp 10 jutaan dan ada pula yang mencapai ratusan juta rupiah. Untuk itu, pertimbangkan pula kemampuan orang tua yang membiayai kuliah Anda. Diskusikan bersama orang tua meskipun masih ada solusi dari beasiswa yang juga bsia Anda ajukan.

Peluang Pekerjaan

Tak ada salahnya Anda memilih jurusan yang memiliki peluang kerja lebih tinggi, di  daerah Anda misalnya. Untuk itu, Anda bisa berdiskusi dengan alumni jurusan yang Anda minati untuk menanyakan peluang kerja yang mungkin dicoba.

Riset

Cari informasi terkait jurusan yang diminati meliputi lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya semester sampai profil jurusan. Selanjutnya Anda bisa membandingkan jurusan-jurusan tersebut untuk dipilih mana yang akan menjadi prioritas.

pixabay.com

Jangan Sekedar Ikut-Ikutan

Hindari memilih jurusan hanya karena mengikuti teman namun fokus pada apa yang ingin Anda capai di masa depan. Pada saatnya, teman yang Anda ikuti tersebut akan disibukkan oleh tugas kuliahnya sendiri dan tidak bisa membantu Anda lebih banyak.

Konsultasi

Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli misalnya guru, orang tua, senior atau lainnya yang dirasa lebih ahli dalam hal ini.

Manfaatkan pula portal online seperti edutore untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru seputar dunia pendidikan. Dengan begitu Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk menghadapi berbagai perkembangan terbaru.

Demikianlah sedikit ulasan yang mungkin bsia membantu Anda untuk memilih manakah jurusan yang ideal sesuai dengan kemampuan Anda. Entah itu Saintek maupun Soshum, pastikan Anda memilih dengan pertimbangan yang matang.

Bingung Memilih Saintek atau Soshum, Baca Dulu Tipsnya
Scroll to top