Saat belajar ilmu fisika, Anda pasti tak asing dengan yang namanya rumus fisika. Meskipun terlihat sulit, ternyata mempelajari rumus ilmu fisika ini cukup mudah jika Anda memahami komponen dan makna dari setiap rumus. Jika Anda terlalu sulit dalam menghafal rumus fisika, berikut tips mudah menghafal rumus fisika tanpa membuat Anda bingung.

Penyebab Susah Menghafal Rumus Fisika

Pernahkah Anda merasa kesulitan saat menghafal rumus fisika? Sebelum Anda menemukan cara mudah dalam menghafalnya, ada baiknya Anda mengetahui penyebab sulit menghafal rumus fisika. Berikut beberapa penyebab yang menyebabkan Anda kesulitan menghafal rumus fisika.

1.      Kesulitan Memahami Konsep Dasar Fisika

Konsep fisika harus dipahami sejak awal menerima pelajaran fisika. Hal ini dikarenakan antara konsep fisika yang telah diterima sejak awal akan berhubungan dengan konsep fisika lanjutannya. Selain itu, beberapa konsep fisika juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melihat fenomena ataupun penerapan konsep fisika di sekitar Anda dapat mempermudah Anda dalam memahami rumus fisika.

2.      Terlalu Banyak Rumus yang Dihafal

Ketika Anda terlalu banyak belajar ilmu fisika, secara otomatis Anda akan menghafal banyak rumus dari berbagai teori fisika. Hal ini akan membuat Anda kesulitan dalam menghafal karena sudah banyak rumus fisika yang dihafal.

3.      Kebingungan dalam Menentukan Rumus yang Digunakan

Saat rumus yang Anda hafal terlalu banyak dan konsep fisika tidak dipahami dengan baik, Anda akan kebingungan saat mengaplikasikan rumus fisika saat mengerjakan soal fisika. Ada baiknya Anda mengklasifikasikan rumus fisika berdasarkan konsep fisika yang sama.

pxherpxhere.come.com

Tips Menghafal Rumus Fisika dengan Mudah

Pada dasarnya rumus fisika yang sudah didapatkan oleh para ilmuwan tidak hanya untuk dihafal dan digunakan untuk mengerjakan soal saja. Untuk mempermudah Anda dalam menghafal beragam rumus fisika dari berbagai konsep fisika, ada baiknya Anda memahami rumus fisika sebelum mulai mengerjakan soal. Nah, bagi Anda yang kesulitan dalam menghafal rumus fisika, berikut tips mudah menghafalnya.

1.      Pahami Besaran dan Satuan dalam Konsep Fisika

Paham besaran dan satuan sejak awal akan membantu Anda dalam memahami rumus fisika dengan mudah. Pada rumus fisika tertentu, dengan memahami konsep fisika dan paham besaran dan satuannya akan mempermudah Anda dalam memahami rumus fisika yang akan digunakan dalam mengerjakan soal.

Misalnya saja, Anda mengetahui bahwa satuan dari kecepatan adalah meter/detik. Maka, rumus yang digunakan untuk menghitung kecepatan adalah perpindahan dibagi dengan waktu.

2.      Gunakan Pola untuk Menghafal

Jika Anda merasa sulit dalam menghafal beberapa rumus fisika tertentu, Anda bisa membuat pola bahasa agar lebih mudah dalam menghafal. Cara ini memang membutuhkan kreativitas sendiri. Selain itu, perlu juga memahami rumus dan tanda hitung agar tidak terjadi kesalahan saat menggunakan rumus yang sudah dihafal sebelumnya.

3.      Kaitkan dengan Rumus yang Sudah Dipahami Sebelumnya

Beberapa konsep fisika akan berhubungan dengan konsep fisika yang lainnya. Selain itu, ada pula rumus fisika yang hampir mirip dengan yang lain. Hal ini bisa Anda jadikan cara mudah menghafal rumus fisika.

Misalnya, rumus coulomb dan rumus gaya gravitasi. Jika rumus coulumb merupakan gaya tarik menarik antar muatan, maka gaya gravitasi merupakan gaya tarik menarik antar massa. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menghafal rumus fisika karena hanya beda besaran saja, tetapi memiliki rumus fisika yang sama.

4.      Buat Catatan Rumus Fisika

Ketika banyak rumus fisika yang sudah Anda dapatkan dan pelajari, terkadang akan membuat Anda bingung dalam  menentukan rumus yang akan digunakan. Anda bisa membuat catatan kecil berisi beragam rumus fisika yag sudah dikelompokkan berdasarkan konsep fisika yang ada. Selain mempermudah untuk dibawa, menghafalkannya pun menjadi lebih mudah.

5.      Latihan Soal Lebih Banyak

Cara terbaik untuk bisa menghafal rumus fisika adalah dengan banyak mengerjakan latihan soal. Dengan latihan soal yang semakin banyak Anda kerjakan, secara tidak langsung akan membuat Anda lebih mudah dalam menghafal rumus fisika dari konsep fisika tertentu.

Dengan mengetahui penyebab sulitnya menghafal rumus fisika akan membuat Anda lebih mudah dalam mengatasi masalah tersebut. Meskipun banyak rumus yang sudah Anda pelajari, Anda tetap bisa menghafal rumus dengan lebih mudah tanpa kesulitan akan lupa dengan rumus tersebut.

 

Bagaimana Cara Menghafal Rumus Fisika?
Scroll to top