Anda pasti sudah sering mendengar istilah manajemen keuangan meskipun mungkin tidak paham definisi yang sebenarnya. Manajemen sendiri artinya adalah pengaturan atau pengelolaan sedangkan keuangan maksudnya adalah finansial. Meskipun pada umumnya manajemen dalam keuangan yang sesungguhnya hanya berlaku pada perusahaan atau organisasi tapi lingkupnya cukup luas.

Manajemen finansial sendiri secara garis besar bisa diartikan sebagai sistem pengelolaan terhadap modal dan aset perusahaan untuk mencapai tujuan. Apa yang menjadi tujuan dari sebuah perusahaan? Tentu saja adalah profit atau keuntungan. Jadi bisa dikatakan bahwa manajemen dalam keuangan dilakukan agar perusahaan bisa menghasilkan keuntungan sesuai dengan yang telah ditargetkan.

Definisi atau pengertian dari manajemen finansial sendiri ada beberapa versi. Tentu saja definisi tersebut dikatakan oleh mereka yang memang ahli atau pakar dalam ilmu ekonomi. Untuk lebih memahaminya, inilah beberapa pengertian atau definisi dari manajemen finansial oleh para ahli atau pakar.

stocksnap.io

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Pakar

L Massie

Manajemen dalam keuangan menurut Massie adalah segala aktivitas dan operasional bisnis yang berkaitan dengan finansial. Aktivitas dan operasional bisnis yang dimaksud antara lain adalah tanggung jawab dalam mendapatkan serta penggunaan dana. Aktivitas tersebut digunakan untuk agar semua kegiatan operasional perusahaan agar bisa berjalan secara lancar dan efektif.

Sonny. S

Manajemen finansial adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam hubungannya dengan keuangan atau dana. Yang termasuk dalam manajemen finansial adalah bagaimana cara untuk mendapatkan dana dan digunakan untuk apa saja. Selain itu juga tentang bagaimana cara pengelolaan seluruh aset perusahaan yang ada.

Bambang Riyanto

Menurut pakar ini yang dimaksud dengan manajemen finansial adalah semua kegiatan yang menyangkut pendanaan perusahaan. Dalam manajemen tersebut akan dibahas bagaimana usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mendapatkan dana operasional. Semua aktivitas tersebut dilakukan dengan syarat tertentu serta biaya yang minimal dan penggunaan dana yang efisien.

Agus Sartono

Manajemen dalam keuangan adalah semua aktivitas dalam perusahaan yang berkaitan dengan pengalokasian atau penggunaan dana yang dimiliki. Penggunaan dana tersebut bisa berbentuk investasi efektif maupun penggumpulan dana. Dana yang dikumpulkan akan digunakan untuk membiayai investasi efektif atau digunakan sebagai pembelajaan yang efisien.

stocksnap.io

J.F Bradley

Menurut Bradley yang dimaksud dengan manajemen finansial adalah sebuah bidang dari manajemen bisnis dengan tujuan tertentu. Adapun tujuan dari manajemen bisnis tersebut adalah pengelolaan modal dengan bijaksana, cermat dan selektif. Modal yang dimaksud berasal dari sumber yang memungkinkan perusahaan mencapai tujuan.

Weston dan Capeland

Manajemen finansial adalah sebuah struktur fungsi dan tanggung jawab dari para manajer keuangan. Yang dimaksud dengan fungsi disini adalah semua keputusan yang diambil dalam rangka penanaman modal, pembiayan usaha serta pembagian keuntungan. Cakupan itulah yang dimaksud dengan fungsi serta tanggung jawab dari para manajer keuangan dalam sebuah perusahaan.

James Van Horne

Segala aktivitas dan operasional dalam perusahaan yang bertujuan untuk pengelolaan dana dan aktiva itulah yang dimaksud dengan manajemen finansial atau keuangan. Selain itu juga tentang bagaimana perusahaan mendapatkan dana untuk operasionalnya.

Sutrisno

Sutrisno mengatakan bahwa manajemen finansial atau keuangan adalah semua kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka untuk mendapatkan dana atau modal. Dalam manajemen keuangan dibahas bagaimana cara dan usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa mendapatkan dana atau modal. Serta bagaimana cara pengelolaan dan pengalokasian dana secara efisien.

Dalam salah satu definisi atau pengertian di atas dikatakan tentang tanggung jawab para manajer keuangan dalam sebuah perusahaan. Ada 3 jenis tanggung jawab yang harus dijalankan oleh para manajer keuangan tersebut, yaitu sebagai berikut.

Lingkup Tanggung Jawab Manajer Keuangan

stocksnap.io

Keputusan Investasi (Investment Decision)

Ini adalah tanggung jawab manajer keuangan yang berkaitan dengan masalah investasi. Yang dimaksud disini adalah bagaimana manajer keuangan mampu memilih jenis investasi yang menguntungkan dan sesuai dengan keinginan perusahaan.

Keputusan Finansial (Financing Decision)

Tanggung jawab manajer keuangan dalam hal keputusan keuangan atau finansial meliputi beberapa hal berikut ini. Yaitu pemilihan sumber modal atau dana yang tersedia dari beberapa pilihan. Dana tersebut nantinya akan dijadikan sebagai investasi dengan pemilihan jenis belanja yang paling murah.

Keputusan Tentang Deviden (Devidend Decision)

Tugas dan tanggung jawab dari para manajer keuangan yang selanjutnya berhubungan dengan masalah deviden atau keuntungan perusahaan. Dalam hal ini adalah pengaturan seberapa besar deviden atau laba yang akan dibagikan perusahaan kepada para pemegang saham.

 

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Pakarnya
Scroll to top