Ruang tamu merupakan salah satu ruangan paling penting yang ada di rumah. Betapa tidak, ruang tamu dapat memperkenalkan ‘jati diri’ Anda sebagai pemilik rumah kepada para tamu yang datang. Jadi jika ruang tamu tidak didekorasi dengan tepat, maka otomatis tamu-tamu yang datang ‘pun tidak akan merasa nyaman berada didalam ruangan. Sebaliknya, jika Anda memilih dekorasi ruang tamu yang tepat, maka tamu ‘pun akan merasa nyaman, sehingga nama baik Anda ‘pun terselamatkan. Kabar baiknya, berikut ini kami akan membahas beberapa tips dekorasi ruang tamu agar terlihat lebih hidup.

Table of Contents

Gunakan Warna-warna Lembut dan Cerah

Pada umumnya ruang tamu ukurannya lebih kecil dibanding ruangan-ruangan lain didalam rumah. Itulah mengapa agar ruang tamu terasa lebih lapang, maka sebaiknya Anda mengaplikasikan warna-warna lembut dan cerah. Warna-warna seperti biru muda, merah muda, hijau muda, dan warna-warna pastel lainnya sangat cocok untuk dekorasi ruang tamu. Selain dapat membuat ruangan terasa lebih besar, juga dapat membuat ruangan terasa lebih hidup.

Sebaiknya hindari warna-warna gelap karena dapat membuat ruangan terasa lebih sempit. Meskipun ada banyak sumber cahaya, namun tetap saja warna-warna gelap tidak cocok untuk ruang tamu. Warna gelap itu sifatnya sangat personal dan lebih sulit untuk diaplikasikan pada ruang tamu.

pexels.com

Gunakan Cermin Dekoratif

Tak hanya penggunaan warna-warna lembut dan cerah, cermin dekoratif juga dapat membuat ruang tamu terasa lebih luas. Jika ruang tamu kekurangan sumber cahaya alami, maka Anda bisa menempatkan cermin persis di depan jendela. Nantinya ada pantulan cahaya yang membuat ruangan terasa lebih hangat dan hidup. Namun pastikan Anda memasang cermin dekoratif, bukan cermin biasa.

Cermin dekoratif ini punya ciri yaitu bingkainya terlihat sangat artistik. Atau bisa juga dilihat dari bentuknya, bisa berbentuk persegi panjang atau bentuk-bentuk unik seperti bulat, segitiga, dan lainnya. Penggunaan cermin dekoratif ini juga dapat menjadi pelengkap pada area dinding yang kosong.

pexels.com

Gunakan Custom Poster

Dibanding ruangan lainnya di rumah, ruang tamu tidak terlalu mengedepankan privasi, sehingga sah-sah saja jika Anda memasang poster. Namun jangan sampai memasang poster asal-asalan ya! Anda mesti paham make custom poster yang sesuai dengan desain ruangan secara keseluruhan. Gambar-gambar artistik pada poster dapat membuat ruang tamu terlihat lebih berwarna, artistik, dan sekaligus dapat meningkatkan semangat bersosialisasi. BTW jika Anda memilih untuk membeli saja poster untuk Anda, tanpa perlu repot membuat, silakan beli di lsnconecall.

Jika Anda dan kebanyakan teman-teman Anda menyukai musik, maka Anda bisa memasang poster dengan tema musik. Poster merupakan cara dekorasi ruang tamu paling murah namun paling efektif dalam merubah suasana ruang tamu.

pexels.com

Fokus Pada Sarung Bantal Sofa dan Cushion

Salah satu item yang mesti Anda tempatkan di ruang tamu yaitu bantal sofa dan cushion. Namun jangan hanya fokus pada bantal sofa dan cushion, karena Anda ‘pun mesti fokus pada pemilihan sarung bantalnya. Ya, sarung bantal dapat mewujudkan desain yang diinginkan tanpa memerlukan budget yang terlalu besar.

Berbeda dengan item lain didalam ruang tamu yang biasanya sulit dibersihkan, nah sarung bantal ini sangat mudah dibersihkan. Ya, Anda tinggal mencuci sarung bantal atau menggantinya dengan sarung bantal yang baru. Selain dapat membuat ruangan terasa lebih berwarna, sarung bantal sofa dan cushion ini juga dapat meningkatkan kenyamanan.

Gunakan Lantai Kayu dan Karpet Bulu

Salah satu tren desain paling kekinian yaitu penggunaan lantai kayu. Lantai kayu ini dapat membuat ruangan terlihat lebih mewah, sekaligus terasa sangat nyaman saat berada di atasnya. Selain itu lantai kayu ini juga dapat beradaptasi dengan cuaca dengan sangat baik. Saat musim panas, permukaan lantai kayu terasa dingin. Sebaliknya, pada saat musim dingin, permukaan lantai terasa hangat.

Nah untuk menambah kenyamanan, Anda bisa menempatkan karpet bulu diatas lantai kayu. Karpet bulu ini terasa sangat nyaman, apalagi pada saat musim hujan. Namun pilihlah karpet bulu bermotif agar terlihat lebih artistik. Karpet bulu ini bisa dipasang dan dilepaskan dengan sangat mudah, jadi cocok sekali untuk ruang tamu.

Nah itulah beberapa tips dekorasi ruang tamu, bagaimana tidak terlalu kompleks bukan? Ruang tamu merupakan ruangan yang sifatnya ‘publik’, jadi jangan ragu-ragu untuk mengaplikasikan berbagai ide dekorasi. Namun sebagai catatan, pastikan desain yang Anda terapkan itu dapat membuat nyaman para tamu yang datang. Lewat beberapa tips dekorasi di atas, tamu-tamu yang datang ke rumah Anda ‘pun jadi semakin betah.

 

 

Tips Dekorasi Ruang Tamu Agar Terlihat Lebih Hidup
Scroll to top