Saat ini, semua hal bisa dijadikan sebagai peluang usaha untuk mempermudah pekerjaan para customer. Berbicara mengenai akrilik yaitu suatu bahan yang tidak bisa dikataan sebagai plastik dan bukan pula kaca. Daya tahannya yang sangat kuat membuatnya jauh lebih banyak dicari dibandingkan kaca.

Hal tersebut mengingat sifatnya yang tidak membahayakan yaitu tidak mudah pecah, tahan lama, tidak mudah terkena goresan dan tahan terhadap cuaca seperti apapun. Oleh kerena itu, memotong akrilik ini tidak boleh sembarangan. Kerena kalau tidak paham akan membuat akrilik menjadi rusak.

pixabay.com

Semakin berkembangnya zaman munculah laser cutting acrylic yaitu cara memotong akrilik dengan menggunakan laser. Hasilnyapun akan jauh lebih maksimal dibandingkan dengan cara lainnya. Pemotongan dengan cara ini menggunakan laser dengan cara membakarnya secara perlahan dan penuh kehati-hatian yang tinggi.

Dengan begitu, hasilnya akan lebih halus, rapih dan akan timbul efek putih yang cerah di tepi akrilik. Hasilnya tentu tergantung pada jenis akrilik yang dipotong. Seperti yang diketahui, bahwa akrilik memiliki 2 jenis yaitu akrlik cor atau akrilik cetakan dan akrilik ekstrusi.

Akrilik cor apabila dipotong dengan menggunakan laser tidak menimbulkan bagian tepi seperti terpoles dengan api. Sehingga lebih cocok digunakan untuk ukiran, oleh karenanya akan sangat mahal harganya. Berbeda dengan akrilik ekstrusi ukiran ini akan menghasilkan tepi yang terpoles dengan api laser.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak jasa laser cutting, karena hasilnyapun akan lebih cepat dan rapih. Untuk teknik memotong dengan cara laser ini akan lebih baik jika tdak menyentuh meja potong. Dimana, hal tersebut akan mengurangi munculnya tanda kotak yang terpantul dari sisi belakang.

Meja potong yang dimaksud adalah meja pin epilog. Dengan meja ini akan memudahkan untuk memotong dengan kualitas yang sempurna. Meja ini juga memiliki pin yang dapat digerakan sehingga bisa menyesuaikan dengan berbagai kondisi atau medan laser. Tidak hanya itu tetapi juga sangat menyesuaikan.

Dalam memotong, teknik kecepatannya relatif lambat dengan daya yang tinggi. Laser Cutting Acrylic ini akan mampu membantu memotong dengan cara melelehkan bagian tepi akrilik. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali para produsen penghasil akrilik yang tidak hanya menampilkan warna bening saja.

Akan tetapi, mereka melakukan inovasi dengan membuat berbagai warna dengan tekstur dan pola yang berbeda. Dengan demikian akan semaikin mempertinggi kualitas dari akrilik. Maka dari itu, tidak heran jika bahan ini menjadi lebh populer dan banyak diminati oleh para penggemarnya.

pixabay.com

Dibandingkan dengan kaca, akrilik ini akan jauh lebih mudah dan aman. Cara mengukir akrilik dengan menggunakan laser ini akan lebih baik jika dilakukan dari bagian belakang terlebih dahulu. Hasiilnya pun akan semakin tembus pandang. Sebelum pemotongan, pelindung akrilik juga sebaiknya dilepas terlebih dahulu.

Akrilik yang baik ini dapat diukir dengan kecepatan yang tinggi dan dengan daya yang rendah. Hal ini disebabkan sifatnya yang fleksibel dan tidak sekeras kaca, jadi akan lebih mudah. Untuk para pelaku jasa laser cutting, ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk proses pelaseran agar hasilnya sesuai harapan, yaitu:

  1. Pastikan Anda mengetahui jenis akrilik yang akan dipotong atau diukir. Dengan begitu, akan lebih mudah melakukannya. Untuk pemotongan laser, akan lebih sempurna jika digunakan untuk akrilik ekstrusi, karena hasilnya akan lebih rapih.
  2. Pastikan Anda tidak meninggalkan atau lengah terhadap mesin pemotong karena akan sangat berbahaya. Banyak bahan-bahan yang dengan mudah dapat terbakar. Oleh karena itu, sangat dikhawatirkan jika meninggalkan mesin tanpa adanya pengawasan. Sehingga sangat disarankan untuk tidak meinggalkan laser tersebut.
  3. Untuk mengurangi ataupun menghindari pantulan belakang, pastikan Anda memulainya dari bagian belakang. Dengan demikian hasilnyapun akan jauh lebih rapih dan lebih profesional. Selain itu tidakakan merusak tekstur ataupun mengubah tingkat warna dari akrilik itu sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan. Semua itu tidak luput dari ketelitian dan juga kehati-hatian dalam menjalankan tugasnya. Penggunaan akrilik ini bisa diterapkan di berbagai hal seperti custom award, holiday ornament, papan tanda titik pembelian, containers, anting atau liontin, cupcake dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, tingkat kerapihan juga sangat diperlukan dan harus diperhatikan. Hel tersebut mengingat bahnnya yang sangat lentur sehingga perlu skill khusus. Pemotongan dengan laser akan sangat efektif untuk jenis akrilik ekstrusi. Untuk akrilik cetak akan lebih bagus jika digunakan untuk ukiran.

Seperti itulah beberapa penjelasan tentang memotong akrilik dengan menggunakan laser. Pada hakekatnya akan lebih mudah dan mempercepat pekerjaan. Namun juga perlu diperhatikan teknik yang tepat agar terhindar dari ketidaksengajaan ataupun kerusakan. Jika rusak, bahan ini seperti kaca yang susah untuk dikembalikan.

 

Laser Cutting Acrylic
Scroll to top