Saat ini, aplikasi chatting Telegram menjadi sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Telegram itu sendiri merupakan sebuah aplikasi chatting yang tampilan dan fitur nya hampir sama dengan WhatsApp. Meski begitu, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa orang lebih menyukai Telegram karena dirasa lebih efektif terutama dari segi penyimpanan yang memiliki cloud sendiri. Sementara sebagian orang yang lain lebih menyukai WhatsApp dengan beberapa kelebihannya. Nah, jika Anda masih bingung akan menggunakan Telegram atau tidak, lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan atau Keunggulan Aplikasi Telegram

Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan aplikasi chatting Telegram, antara lain:

  1. Aplikasi Gratis Selamanya

Telegram bisa di download secara gratis melalui Google Play Store ataupun Apps Store dengan mudah. Aplikasi Telegram ini juga bisa Anda gunakan pada perangkat Windows, Linux, dan lain-lain. Selain itu, di dalam aplikasi ini juga tidak ada iklan atau ads yang bermunculan sehingga aktivitas chatting tidak akan terganggu. Sedangkan aplikasi WhatsApp dikabarkan akan memunculkan iklan pada tahun 2020 mendatang.

  1. Ukuran Aplikasi yang Cukup Ringan

Aplikasi Telegram juga terbilang cukup ringan dan tidak memberatkan kinerja Handphone Anda. Selain itu, Telegram juga memiliki penyimpanan cloud sendiri sehingga tidak akan lambat atau lelet. Bahkan, Handphone dengan RAM yang rendah pun bisa nyaman menggunakan aplikasi Telegram ini. Setiap melakukan update aplikasi, Telegram tidak akan menjadi lelet atau lambat dalam bekerja.

  1. Kirim Pesan Sangat Cepat

Telegram menawarkan pengaman berkirim pesan yang sangat cepat dan mudah, hal ini karena Telegram berbasis cloud. Bahkan saat sinyal Anda berubah menjadi “E” pun Telegram masih bias mengirim pesan dengan cepat. Berbeda dengan WhatsApp yang sering mengalami jamkot alias jam kotak yang artinya pesan belum terkirim ke tujuan.

  1. Ukuran Aplikasinya Kecil

Lagi-lagi, dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya, Telegram masih unggul dengan ukurannya yang cukup kecil. Hal ini bisa dibandingkan dengan aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE, dan lain-lain. Oleh sebab itu, banyak pengguna yang beralih ke Telegram untuk membantu mempermudah komunikasi mereka dengan teman atau keluarga.

Kekurangan dari Aplikasi Chatting Telegram

Meski cukup mumpuni dari segi penyimpanan dan kinerjanya, aplikasi chatting Telegram masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari Telegram, antara lain:

  1. Telegram Tidak Mendukung Video Call

 

Meski cukup populer dan banyak digunakan, sayangnya Telegram belum mendukung fitur video call. Padahal, fitur ini sangat sering digunakan oleh pengguna WhatsApp, bahkan bisa grup video call hingga 4 orang secara bersamaan. Panggilan berbasis video ini memang dirasa cukup menarik dan juga sangat dibutuhkan karena bisa melihat wajah yang bersangkutan secara langsung.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak yang beralih ke Telegram, namun masih menyimpan WhatsApp untuk keperluan video call. Beberapa orang juga menggunakan dua aplikasi chatting untuk membagi keperluan, misalnya keperluan kantor menggunakan Telegram dan lainnya menggunakan WhatsApp.

  1. Fitur Voice Call Hanya untuk Personal

Pengguna Telegram mungkin juga sedikit kecewa dengan fitur panggilan yang dimiliki Telegram karena hanya untuk personal. Komunikasi voice call hanya bisa dilakukan secara personal antara dua orang, tidak lebih. Padahal, jika Anda pengguna WhatsApp, Anda bisa menelepon hingga 3 orang teman sehingga bisa berbicara 4 arah termasuk Anda.

  1. Tidak Memiliki Fitur Story

Selain tidak memiliki fitur video call, Telegram ternyata juga tidak memiliki fitur story dan ini cukup membuat penggunanya kecewa. Hal ini karena video call dan story sudah seperti kebutuhan dan menjadi kebiasaan bagi masyarakat zaman sekarang. Fitur story sudah banyak digunakan oleh masyarakat sejak kemunculan nya di media sosial Instagram, lalu di WhatsApp juga.

Story merupakan slah satu cara untuk mengabadikan momen dan sharing dengan teman-teman di kontak. Bahkan, Facebook yang awalnya tidak memilki fitur story, saat ini sudah ditambahkan dan banyak digunakan. Namun, Kita tunggu saja mungkin akan ada penambahan fitur lainnya di Telegram seperti story atau video call.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari aplikasi chatting Telegram yang saat ini sedang populer. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi seputar teknologi terbaru di situs technicaltalk.net. Di sana ada banyak informasi mengenai teknologi, tips dan trik, tutorial dan lain sebagainya. Semoga informasinya bermanfaat.

 

 

 

Berikut Ini Kelebihan dan Kekurangan Telegram
Scroll to top