Sudah Tau Cara Ternak Bebek Peking Terbaik ? Cek Disini

Dari sekian banyak jenis bebek di dunia, Bebek Peking menjadi salah satu hewan yang banayk diternakkan. Hewan ternak yang berasal dari negeri bambu tersebut, mampu menarik perhatian masyarakat. Miliki postur tubuh besar dengan warna putih bersih, menggoda untuk dipelihara. Pemeliharaannya sendiri, terbilang hampir mirip dengan pemeliharaan jenis bebek lainnya, berikut ulasannya.

Cara ternak bebek jenis Peking

  1. Berikan Kandang Ideal

Memelihara hewan satu ini terbilang cukup mudah nan sederhana, karena hampir sama seperti memelihara jenis bebek lainnya. Yang membedakannya hanya terletak pada kebutuhan iar yang harus dipenuhi. Jika jenis bebek lainnya cenderung membutuhkan air cukup banyak, maka memelihara hewan satu ini justru sebaliknya. Bebek satu ini kurang membutuhkan air, terkecuali untuk mencukupi kebutuhan minumnya.

Defisini kandang yang ideal bagi si bebek satu ini, yaitu kandang kering postal. Jenis kandang ini, tidak dilengkapi dengan kolam seperti memelihara bebek jenis lainnya. Pemeliharaan menggunakan kandang ini dirasa menguntungkan, sebab bebek akan menghabiskan waktunya berada di kandang dengan energi yang tidak terbuang terlalu banyak. Energi yang tersimpan, akan berubah bentuk menjadi daging yang baik bagi pertumbuhannya.

  1. Memilih Bibit Berkualitas

Bibit Bebek Peking berkualitas, berpotensi untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas pula. Untuk mendapatkannya, anda perlu lebih cermat memilih indukan tepat. Pemilihan tepat, mampu menetukan tingkat keberhasilan usaha ternak bebek. Bayangkan saja jika anda memiliki bebek unggulan, maka banyak orang yang akan membeli di usaha anda. Semakin sehat si bebek, maka keuntungan berlipat bisa didapatkan.

Mendapatkan indukan bebek unggul, bisa dilihat dari beberapa faktor. Dimulai dari hal sederhana, seperti bentuk fisik sang bebek. Apabila hewan ini sehat, maka postur tubuhnya terlihat tegap yang berdiri dengan kakinya yang  kokoh. Bulu yang dimilikinya pun tampak, bersih dan kering. Jika dilihat dari tingkah lakunya, hewan satu ini akan banyak beraktifitas dengan gerakan yang cukup lincah.  Bebek akanmemiliki nafsu makan tinggi, sehingga berat umumnya sekitar 40 gram.

  1. Berikan Pakan Sesuai

Pemberian makan untuk bebek Peking, serupa dengan jenis bebek lainnya. Bebek satu ini memerlukan pakan berupa konsentrat. Hanya saja, pakan satu ini membuat daging bebek menjadi lebihamis. Untuk meminimalisirnya, tambahkan saja tepung ikan kurang lebih 2%. Anda juga bisa memberikan pakana berupa nasi aking, bekatul, ampas tahu, tepung ikan, atau pakan lainnya. Anda juga bisa memberikan pakan sayuran seperti daun pepaya, bekicot, ataupun jagung kuning.

Indonesia memang dikenal dengan aneka kuliner, dengan cita rasa sedap tak terkalahkan. Diantara banyak jenis  daging yang dipasarkan, daging bebek tidak kalah populer untuk dijadikan bahan utama masakan. Menu bebek pun dapat ditemui di beberapa resto berbintang, karena tingginya peminat terhadap rasa dagingnya. Melihat adanya peluang tersebut, mulai banyak masyarakat yang melirik usaha satu ini.