Ayat Kursi merupakan ayat ke 255 pada surat Al-Baqarah, ayat ini pun menjadi ayat yang paling tinggi kedudukannya diantara ayat Al-Quran lainnya. Hal ini karena Ayat kursi terdiri dari seluruh nama Allah paling agung, ayat ini pun menjadi sebuah ayat yang ampun untuk melindungi manusia dari godaan syetan. Menjadi ayat yang memiliki kedudukan paling tinggi, yuk kita simak keutamaan atau fadhilah ayat kursi berikut.

Table of Contents

Keutamaan dari Ayat Kursi

  1. Keagungan yang Melebihi Langit dan Bumi

Ayat kursi memiliki keagungan yang tinggi, bahkan melebihi agungnya langit dan bumi. Hal ini diperjelas oleh Nabi Muhammad yang mengatakan, tidaklah Allah menciptakan langit serta Bumi melebihi agungnya Ayat Kursi. Nabi pun menjelaskan, keagungan Ayat Kursi karena didalamnya mencangkup nama dan sifat Allah SWT.

Ayat Kursi pun merupakan salah satu kalamullah, atau perkataan Allah SWT. Dan kalamullah atau perkataan Allah itu, lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi. Sehingga dapat dikatakan bahwa keagungan Ayat Kursi sangat tinggi, sehingga para umat muslim pun sangat dianjurkan untuk mengamalkan ayat ini.

  1. Memiliki kedudukan yang Tinggi

Pada sebuah hadits sahih dari Rasulullah, menyebutkan bahwa Ayat Kursi merupakan alat paling utama di Kitabullah. Fadhilah Ayat Kursi ini diperjelas, ketika Rasulullah bertanya kepada Ubay Ibnu Ka’ab mengenai ayat Kitabullah manakah yang paling agung. Ubay pun terus menjawab bahwa, hanya Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.

Nabi terus mengulang pertanyaan tersebut, hingga Ubay menjawab “Ayat Kursi”. Mendengar jawaban tersebut Nabi bersabda, bahwa sesungguhnya Ayat Kursi memiliki lisan dan sepanjang bibir yang selalu menyucikan Tuhan Yang Maha kuasa dekat pilar Arasy. Terdapat pula Haditz Tirmidzi, yang mengatakan bahwa terdapat ayat pemimpin semua ayat Al-Quran yaitu Ayat Kursi.

  1. Menjadi Pelindung Ketika Tidur

Keutamaan Ayat Kursi pun dapat menjadi sebuah pelindung, bahkan ketika anda dalam kondisi terlengah yaitu ketika tidur. Dengan membaca Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjaga anda serta syetan tidak akan berani untuk mendakati anda hingga pagi. Anda dapat mendengarkan ayat ini melalui perangkat smartphone, dengan men download Ayat Kursi agar lebih mudah.

Dari sabda Nabi tersebut, memperjelas bahwa dengan membaca Ayat Kursi sebelum tidur bisa mendapat perlindungan Allah dari gangguan Syetan. Saat tidur adalah saat yang paling rentang dengan gangguan syetan, sehingga lindungi diri anda dengan membaca Ayat kursi secara rutin ketika akan tidur.

  1. Diperbanyak Rezeki oleh Allah

Ayat Kursi merupakan potongan surat Al-Baqarah, yang memiliki nilai paling tinggi diantara ayat Al-Quran lainnya. Salah satu Fadhilah Ayat Kursi adalah, diberikannya rezeki oleh Allah SWT. Bagi anda yang rutin mengamalkan Ayat Kursi semata-mata karena Allah, maka ia akan dibukakan pintu rezeki selebar-lebarnya.

Bahkan, rezeki yang diberikan tersebut akan diperbanyak serta anda pun bisa mendapat hikmah di dalamnya. Di dalam Ayat Kursi, tercantum berbagai nama – nama Allah yang membuat ayat ini memegang kedudukan tertinggi diantara ayat lainnya. Dengan sering melafadzkan ayat agung ini, niscaya seluruh kebaikan serta rezeki akan dilimpahkan oleh Allah SWT.

  1. Mendapat Jaminan Masuk Surga

Siapa yang tidak ingin masuk surga ? Tentu setiap umat muslim di dunia ini, sangat mendambakan surga Allah. Ada banyak cara menuju surga, dan ayat yang memiliki kedudukan tinggi ini sudah pasti menjadi salah satunya. Apabila anda sering mengamalkan ayat ini setelah salat, dapat menghalangi kaum muslim dari api neraka.

Pada hadits An Nasa-i yang dinilai sahih oleh Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa, barang siapa yang membaca Ayat Kursi selesai shalat, maka tidak ada yang dapat menghalanginya masuk surga kecuali kematian. Bahkan apabila anda sering mengamalkan surat ini dan menemui kematian, maka anda akan mendapat jaminan mati secara syahid.

  1. Sebagai Doa yang Mustajabah

Ketika umat muslim mengalami sebuah masalah, maka hendaknya mereka untuk selalu berdoa meminta perlindungan dan kemudahan kepada Allah. Salah satu Fadhilah Ayat Kursi adalah, menjadi sebuah doa yang mustajabah. Doa yang mustajabah adalah, sebuah doa yang dapat diijabah atau diridhoi dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Pada hadits Ibnu Majah mengakatan bahwa, dengan menyebut asma Allah yang terkandung dalam doa pasti akan dikabulkan. Tedapat tiga surat yang memiliki asma Allah yaitu surat Al-Baqarah, AL-Imron, dan surat Thaha. Di dalam surat AL-Baqarah, asma Allah terdapat pada ayat ke 255, yaitu Ayat Kursi.

  1. Perlindungan dari Jin

Ayat Kursi pun dapat melindungi anda sekeluarga, dari gangguan jin dan sihir. Memang Fadhilah Ayat Kursi merupakan sebuah ayat yang dapat menghalau godaan syetan, sehingga dengan rutin membaca ayat ini niscaya anda akan selalu dalam perlindungan Allah SWT. Perlindungan gangguan jin ini, dapat berupa syetan maupun bentuk sihir.

Salah satu ayat yang dapat menjadi perisai dari segala macam keburukan adalah Ayat Kursi, sebuah ayat yang tercantum dalam Surah AL-Baqarah dan menjadi ayat dengan kedudukan tertinggi. Selain melafalkannya, anda pun dapat terus mendengarkan ayat dengan mendownload Ayat Kursi ke dalam perangkat Smartphone.

Permudah Rezeki, Ketahui Beberapa Fadhilah Ayat Kursi Disini
Scroll to top