Harga Kurma Ajwa Terbaru dan Cara Mengolahnya

Kurma nabi atau kurma ajwa merupakan jenis kurma yang memiliki harga cukup tinggi, dengan segala macam kandungan yang baik untuk tubuh bahkan Rasulallah Shallallahi ‘alaihi wasallam sendiri sangat menyukai buah yang banyak di temukan di negara Timur Tengah tersebut.

Kurma ajwa merupakan jenis kurma yang berasal dari Madinah, sehingga kerap dijadikan titipan ketika seseorang sedang menunaikan ibadah haji ataupun umrah.

Nabi Muhammad Shallallahi ‘alaihi wasallam mencontohkan berbuka puasa dengan memakan dua butir buah kurma dan segelas air putih, lalu melanjutkan ibadah hingga waktu isya.

pexels.com

Dengan adanya hal tersebut buah kurma saat ini menjadi menu favorit yang wajib ada ketika bulan Ramadhan, sehingga selain mendapatkan kebaikan dari puasa, tubuh kita juga akan senantiasa sehat berkat kandungan yang ada pada buah kurma tersebut.

Banyak sekali penelitian yang sudah dilakukan pada buah kurma, bahkan penelitian – penelitian tersebut terbukti bahwa buah kurma memiliki banyak sekali kandungan zat yang sangat baik untuk tubuh kita.

Buah kurma memiliki rasa yang manis dan bahkan ada beberapa jenis kurma yang memiliki rasa manis yang cukup kuat, namun dengan rasa manis ini kurma tidak akan meyebabkan penyakit kencing manis atau diabetes. Hal tersebut berkat kandungan gula alami yang ada pada buah kurma, sehingga malah sebaliknya yakni baik untuk mengurangi resiko diabetes.

Selain mencegah penyakit diabetes, buah kurma juga memiliki kandungan serat yang baik untuk menjaga organ pencernaan kita. Kandungan zat tersebut adalah serat, serat itu sendiri memang banyak ditemukan pada berbagai macam buah maupun sayur – sayuran.

Juga sangat dianjurkan untuk orang yang memilki gangguan pencernaan, mulai dari sembelit, diare dan beberapa penyakit dari organ pencernaan lainnya. Dengan organ pencernaan yang sempurna membuat tubuh kita dapat membuang zat sisa dari makanan maupun minuman yang masuk kedalam tubuh.

Buah kurma mengandung banyak kadar antioksidan, yang baik untuk menghalau radikal bebas. Radikal bebas ini sangat berbahaya untuk tubuh manusia, yang mana ketika bertemu atapun masuk kedalam tubuh, radikal bebas tersebut akan merusak sel – sel yang ada pada tubuh manusia. Kerusakan sel yang ada pada tubuh bisa menyebabkan demam, keracunan, kriput dan berbagai macam penyakit lainnya.

Kurma juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil, selain mengenyangkan kurma memiliki kandungan yang berfungsi sebagai pengontrol laju rahim. Yang mana ibu hamil yang banyak memakan buah kurma pada saat kehamilan akan lebih lancar saat proses persalinan nantinya dan juga memperlancar ASI.

Harga Buah Kurma Ajwa

pexels.com

Kurma ajwa ini dibandrol paling murah mulai dari harga Rp.300.000 per kilogramnya dengan ukuran buah kurma yang sedang. Dengan harga yang cukup mahal tersebut tidak jarang jenis kurma paling populer ini dicampurkan dengan jenis kurma lainnya atau sering disebut kurma ajwa palsu atau kurma ajwa oplosan.

Dipasaran sendiri buah kurma ajwa dijual dengan berbagai ukuran, baik sedang maupun yang jumbo sekalipun. Tentunya setiap ukuran dan kualitas dari kurma ini menentukan dari harga dari kurma itu sendiri. Kurma ajwa asli memiliki ukuran yang cukup kecil dengan warna yang gelap dan memiliki kulit tipis. Dengan rasa manis yang sedang dan lembut ketika dimakan, sehingga kurma ini menjadi salah satu kurma paling laris dipasaran baik luar negeri maupun dalam negeri.

Ketika ada kerabat yang hendak berangkat umrah atau haji, buah kurma seringkali menjadi titipan untuk oleh – oleh. Namun saat ini untuk mendapatkan buah kurma kita tidak perlu pergi jauh – jauh ke negara Timur Tengah, baik itu Arab Saudi maupun negara – negara lainnya. Salah satu tempat jual kurma online terpercaya adalah pasarkurma.com, setiap jenis kurma dan produk olahan kurma yang dijual pada situs ini sudah dijamin kehallalannya dan yang pasti 100% asli.

Harga Kurma Ajwah Sedang

  • 160.000,- per 500 gram
  • 300.000,- per 1 Kg

Harga Kurma Ajwah Kualitas Super

  • 350.000,- per 1 Kg

Olahan Buah Kurma

Buah kurma memiliki tingkat pembusukan yang cukup tinggi, sehingga buah kurma ini kerap kali dikeringkan agar menjadi lebih tahan lama. Proses pengeringan ini mengandalkan sinar matahari yang akan mengeluarkan kadar air yang ada pada buah kurma tersbebut. Selain untuk mengawetkan, ketika buah kurma dikeringkan juga akan memberikan beberapa sensasi ketika dimakan, mulai dari tekstur buah dari beberapa jenis akan berubah menjadi lebih renyah pada bagian kulit, namun daging buah tetap lembut.

Selain enak untuk dimakan langsung buah kurma juga bisa dijadikan berbagai macam produk olahan, baik itu makanan ataupun minuman. Banyak sekali bolu ataupun kue – kue yang menambahkan toping atau bahkan sari kurma sebagai bahan tambahannya. Dengan cita rasa yang manis, memang buah ini disukai oleh banyak orang dari berbagai macam golongan, bahkan ada salah satu jenis kurma yang menjadi favorit bagi raja – raja Timur Tengah.