Seperti yang kita tahui, Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang sangat populer dan digemari oleh banyak pengguna smartphone yang ada di seluruh dunia. Namun tahukah Anda bahwa Google baru saja mengumumkan sistem operasi terbaru yang menawarkan beragam fitur canggih yang bernama Android Pie. Apa kelebihan dari sistem baru ini?

Berbicara tentang keunggulan, ada deretan fitur yang ditawarkan oleh sistem terbaru Android ini. Sistem ini sendiri sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2018 silam tepatnya pada bulan Agustus. Meskipun sudah hampir setahun semenjak dirilis nya sistem ini, nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja fitur atau keunggulan yang ditawarkannya. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

pixabay.com

3 Keunggulan Sistem Android Pie yang Membuat Anda Semakin Terkesan

User Interface Lebih Berwarna dan Menarik

Jika dilihat dari visualnya, Anda akan dibuat semakin terkesan dan takjub dengan tampilan yang lebih menarik dan juga berwarna. Seperti yang diketahui bahwa salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh sistem Android terbaru ini yaitu interface yang berwarna-warni sehingga lebih enak dan nyaman saat dipandang.

Selain itu, ikon-ikon yang terdapat di bagian menu utama juga memiliki pinggiran yang melengkung sehingga akan membuatnya terkesan smooth dan juga rapi. Tidak hanya itu saja, gerakan dan animasi yang ditawarkan juga di per halus sehingga sangat nyaman untuk mata meskipun Anda menatapnya selama berjam-jam.

Adaptive Battery

Keunggulan selanjutnya yang ditawarkan oleh sistem Android terbaru ini yaitu adanya fitur Adaptive Battery yang mana di klaim dapat menghemat baterai smartphone Anda hingga 30%. Tentu saja dengan adanya fitur tersebut, sangat cocok digunakan untuk Anda yang suka memakai smartphone berjam-jam baik untuk bermain game atau melakukan aktivitas lainnya.

Perlu diketahui, fitur Adaptive Battery yang terdapat pada Android Pie dibuat dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang mana dapat melacak pola penggunaan aplikasi oleh para penggunanya. Dari aplikasi yang Anda sering pakai inilah yang nantinya akan mendapatkan prioritas resource yang lebih maksimal. Sedangkan untuk aplikasi yang jarang dipakai akan mendapatkan perlakukan sebaliknya.

pixabay.com

Menghadirkan Sistem Navigasi Berbasis  Gesture

Jika kita amati, hampir sebagian besar smartphone Android zaman sekarang ini rata-rata telah menggunakan full screen display. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat layar penuh dengan notch kecil ataupun tanpa notch tengah menjadi tren yang cukup populer di tahun 2019.

Agar lebih keren dan menarik, tombol navigasi yang terdapat di bagian bawah juga dimodifikasi oleh pihak Google supaya dapat disembunyikan dari tampilan smartphone. Jika pada sistem Android sebelumnya terdapat tiga tombol navigasi di bagian bawah, maka untuk Android Pie semua tombol navigasi telah diganti dengan model lebih baru yang mana lebih simpel dan praktis.

Kelemahan Android Pie Yang Wajib Anda Ketahui

Tombol Pengaturan Ribet

Meski Android Pie merupakan sistem baru yang menjadi pembaharuan dari sistem sebelumnya. Tetap saja sistem ini memiliki kelemahan yang wajib untuk Anda ketahui. Salah satu kelemahan dari sistem Android baru ini bisa Anda temukan pada segi tampilan atau desain nya. Tahukah Anda bahwa banyak orang yang kurang menyukai desain yang ditawarkan oleh Android terbaru ini.

Salah satu alasannya yaitu memiliki tombol pengaturan yang rumit sehingga butuh tenaga ekstra. ketika ingin masuk ke pengaturan karena harus menggeser ke bawah sampai masuk ke Quick Setting.

Penggunaan sweep cukup sulit

Kelemahan lainnya yang dimiliki oleh Android ini yaitu penggunaan gesture yang tidak lebih baik malah justru mempersulit navigasi pada smartphone. Memang sekilas hampir sama dengan iPhone, namun nyatanya kontrol berbasis gesture yang dihadirkan oleh Android Pie ini masih jauh dari kata “sempurna” atau malah cenderung menghambat penggunaan.

pixabay.com

Pengguna kesulitan dengan desain Android Pie

Satu lagi kelemahan yang dimiliki oleh Android Pie yaitu desain baru yang sulit untuk dipahami. Seperti yang diketahui konsep dari desain Android Pie ini menggunakan interface yang masih asing dikalangan pengguna. Butuh waktu cukup lama untuk terbiasa dengan desain baru yang dihadirkan oleh Android ini.

Nah, bagi yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang sistem terbaru Android Pie, maka Anda bisa langsung mengunjungi Leskompi yang mana akan membantu Anda menemukan berbagai informasi terkait teknologi terbaru saat ini. Leskompi sendiri merupakan sebuah situs yang menghadirkan berbagai informasi terkait dunia gadget, game, provider, Windows dan lain sebagainya.  Buruan cek sekarang juga!

 

 

 

3 Keistimewaan Android Pie yang Masih Jarang Diketahui Orang
Scroll to top