Pola aliran sungai adalah suatu kumpulan dari sungai yang memiliki bentuk sama dan pola aliran sungai dapat menggambarkan keadaan profil dan genetik sungainya. Sedangkan dalam geomorfologi pola aliran sungai itu sendiri dibentuk dari struktur bebatuan yang ada di sekitarnya jadi ada beberapa jenis pola aliran sungai yang beragam di dunia ini.

Table of Contents

Tentang Pola Aliran Sungai

Pola aliran sungai bisa berbeda-beda satu sama lainnya, karena beberapa faktor seperti struktur, kemiringan, topografi dan batuan dasar yang ada di sungai.

Daerah aliran sungai merupakan daerah yang semua aliran nya masuk pada sungai tertentu dan daerah aliran sungai berfungsi sebagai pengumpul , penyimpan serta pengumpul air.

Jenis Pola Aliran Sungai

Berikut ini kita akan membahas tentang pola aliran sungai yang sering dijumpai adalah :

Dendritik , Apa itu Dendritik ?

Dendrritik merupakan pola aliran sungai ini membentu seperti cabang pada batang pohon.

Radial sentrifugal

Untuk pola satu ini aliran sungainya menyebar secara radial dari titik ketinggian tertentu atau lebih mirip seperti puncak gunung berapi.

Rectangullar

Pada pola aliran sungai ini, akan mengikuti pola dari struktur kekar pada patahan. Pola pada sungai ini memiliki saluran air dengan pola terbentuk dari struktur pada patahan dan struktur kekar.

Trellis

Pola ini biasanya berada di wilayah patahan dan memiliki aliran sungai pada anak sungainya membentuk pola yang hampir sejajar dengan sungai induk.

Sentripentail

Aliran sungai ini berlawanan dengan pola aliran sungai radial, karena aliran sungai mengalir dari tempat yang membentuk cekungan atau biasa disebut dengan depresi.

Anular

Pada aliran ini, aliran sungai memiliki pola bentuk radial dari suatu titik ketinggian tertentu dan menuju ke hilir dan kembali bersatu.

Paralel

Pola aliran pararel memiliki aliran sungai yang arahnya alirannya terbentuk dari lereng yang terjal dan curam.

Pinatte

Yang terakhir ini, pola aliran sungainya yang muara anak sungainya membuat sudut lancip dengan sungai induknya. Dan pola sungai ini terdapat di suatu bukit yang lerengnya terjal.

Demikian penjelasan tentang pola aliran sungai. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan tentang pola aliran sungai dengan lebih jelas.

Apa yang DImakasud Pola Aliran sungai?
Scroll to top