Mengenal Lebih Dekat Tentang Pohon Jahe

Sudah pernah melihat pohon jahe? Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang keberadaannya masih sangat dibutuhkan hingga saat ini. Memiliki kelebihan pada rasanya yang pedas, mampu menghangatkan tubuh serta berguna untuk media pengobatan.

Tanaman ini memiliki daun yang lancip, berwarna hijau. Batangnya di kisaran 30 cm, dengan ciri khas batang berair. Artinya, tidak keras dan berkayu.

Batangnya lurus, menyatu dengan dedaunan yang cukup banyak. Kemudian memiliki akar yang cukup banyak, sebagai tempat munculnya rimpang jahe yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Tanaman obat ini tumbuh dengan baik di iklim tropis. Tanaman ini termasuk tanaman tahunan, hanya hidup setahun sekali sampai proses pemanenan.

Setiap kali dipanen, rimpang yang terbaik akan didistribusikan ke pasaran lokal dan international sebagai rempah-rempah. Sementara sisanya dimanfaatkan sebagai benih. Benihnya ini disimpan, dijadikan sebagai bibit yang nantinya bisa dibudidayakan kembali.

Pembudidayaannya bisa memanfaatkan lahan terbuka. Ada juga yang dibudidayakan di sekitar rumah dengan skala kecil. Termasuk sebagai budidaya yang dikhususkan untuk pemanfaatan mandiri seperti untuk bumbu masak atau bahan obat keluarga.

Scroll to top