Yuk Intip Apa Saja Keutamaan Menghafal Alqur’an

Mempelajari dan menghafal firman yang diturunkan Allah, termasuk menjadi bagian ibadah yang bisa dilakukan oleh ciptaannya. Bahkan dikatakan bila, ciri orang yang  berilmu merupakan mereka yang hafal Al Qur’an dengan segudang manfaat yang diterimanya. Ketika mengetahui manfaat yang diterima, hendaknya menjadi motivasi anak untuk menghafalnya. Apa saja keutamaan menghafal Al Qur’an ? Simak ulasan berikut.

Table of Contents

Berbagai Keutamaan Ketika Berhasil Menghafal Al Qur’an

  1. Mendapatkan Penghormatan Dari Rasul

Pernah suatu ketika, Rasulllah SWT mengecek kemampuan membaca dan menghafal Al Qur’an dari sederet laki laki dari utusannya. Anak muda bernama Fulan dari sekian laki laki dari mereka kemudian ditanya dengan hal yang sama, berapa kiranya Al Qur’an yang sudah dihafalnya. Sang anak menjawab bahwa ia telah menghafal surah ini dan itu, beserta surat Al Baqarah. Rasulullah kembali bertanya untuk memastikan bahwa, si anak memang hafal surah Al Baqarah.

Sang pemuda tersebut menjawab benar jika dirinya memang hafal surah tersebut. Tanpa disangka, Rasulullah SWT kemudian bersabda untuk membiarkannya pergi dan menjadi sebuah ketua rombongan. Kemudian salah seorang dari kalangan tersebut berkata, bila dirinya tidak mempelajari serta menghafal surah tersebut semata karena takut tidak menjalankan isinya. Padahal segudang keutamaan menghafal Al Qur’an akan didapatkannya dengan cuma cuma.

Mendengar hal tersebut, kemudian Rasulullah bersabda untuk membuatnya membaca Alqur’an dan mempelajarinya. Sebab ada perumpamaan bila seseorang yang telah mempelajari Al Qur’an, layaknya seperti bekal dalam sebuah perjalanan yang telah diisi dengan minyak misik. Dimana wangi dari minyak wisik tersebut, menyebar hingga kemanapun. Lalu bagimana jika seseorang yang mempelajarinya dan kemudian pergi tidur ?

Bagi mereka yang tidur usai mempelajari Al Qur’an, diumpamakan seperti bekal perjalanan yang kemudian disambungkan dengan minyak misik. Langsung mendapatkan penghormatan dari utusan Allah, merupakan sebuah penghormatan yang ingin didapatkan semua umat Islam. Oleh karenanya, banyak dari mereka yang kemudian membaca dan mempelajari Al Qur’an di kemudian hari untuk mendapatkan keutamaan menghafal Al Qur’an yang dikatakan Rasul.

pixabay.com
  1. Hati Tak Akan Pernah Terasa Kosong

Di dalam sebuah hadits yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas secara mafu mengatakan bila, seseorang yang tidak memiliki hafalan Al Qur’an sedikitpun serupa dengan rumah kumuh yang akan runtuh. Berbeda dengan seseorang yang selalu berusaha untuk menghafal hingga berusaha memahami apa yang difirmankan Tuhan kepada umatnya, hatinya akan terasa penuh dan dipenuhi dengan kebahagiaan.

  1. Menggunakan Mahkota Kehormatan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anbu, tampaknya Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bila Al Qur’an akan datang di hari kiamat tiba dan mengatakan untuk memberikan perhiasan kepada mereka yang memiliki hafalan Al Qur’an. Mendengar ucapan tersebut, kemudian Allah berikan seorang hafidz Al Qur’an sebuah mahkota kemuliaan. Al Qur’an kembali meminta kepada Allah untuk memberikan ridhai mereka, dan Allah pun mengabulkannya.

Kemudian Allah mengatakan kepada sang hafidz Qur’an untuk membaca dan naiklah derajatnya, dimana setiap ayat yang telah dibacanya akan ditambahkan pula nikmat serta kebaikannya. Sebagai penyelamat di hari kiamat, banyak sekali keutamaan menghafal Al Qur’an yang bisa didapatkan terutama ketika bisa mengamalkannya. Semakin banyak ayat yang dibacanya, semakin tinggi pula derajat derajat surga yang didapatkannya.

  1. Membahagiakan Orang Tua

Rasulullah SAW bersabda bila saat hari kiamat tiba nanti, Al Qur’an akan menemui para penghafalnya. Ketika para hafidz Al Qur’an dipanggilnya, mereka akan keluar dari kuburnya. Pada saat itu, Al Qur’an akan berwujud seperti seorang manusia dan bertanya apakah mereka mengenalnya. Apakah anda tahu apa yang dikatakan oleh para hafidz Al Qur’an dan bagaimana Al Qur’an menjawabnya lagi ?

Para penghafal akan menjawab tidak mengenalinya, kemudian Al Qur’an mengatakan bila dirinya merupakan kawanmu yang mana membuatnya kehausan di tengah hari ketika sinar matahari terik dan mambuatnya tidak tidur di malam hari. Kemudian Al Qur’an mengumpamakan bila sesungguhnya para pedagang akan mendapatkan segala keuntungan di belakang dagangannya, dimana posisi mereka sekarang berada di belakang semua dagangan.

Kemudian para penghafal Al Qur’an tadi akan diberikan kekuasaan di tangan sebelah kanan, dan diberikan kekekalan di tangan sebelah kirinya. Tak sampai disana, akan ada mahkota perkasa yang dipasangkan di bagian atas kepalanya sebagai keutamaan menghafal Al Qur’an. Sedangkan orang tua mereka akan diberikan dua pakaian baru yang tampak bagus, dimana harganya tidak dapat dibayarkan bahkan oleh seluruh penghuni dunia.

Para orang tua sang penghafal Al Qur’an akan bertanya, kenapa mereka diberikan pakaian tersebut. Kemudian pertanyaan tersebut dijawab bila, anaknya yang telah menghafal Al Qur’an lah yang memberikannya. Sesudahnya, sang penghafal Al Qur’an akan diminta untuk membaca dan naik ke tingkat tingkatan surga yang terdiri dari beberapa kamar. Derajatnya akan terus naik, ketika ia tetap membaca entah itu secara perlahan ataupun cepat.

pxhere.com
  1. Hatinya Bebas Dari Siksa

Rasulullah SAW kembali bersabda bila sang penghafal Al Qur’an akan terbebas dari segala siksa hati dari Allah. Dimana sesungguhnya Al Qur’an dapat diumpamakan sebagai hidangan yang Allah beri, dan barang siapa yang mengkonsumsinya maka dirinya akan selamat. Sehingga barangsiapa yang mencintai Al Qur’an hendaknya bergembira karena mendapat keutamaan menghafal Al Qur’an.

  1. Mendapatkan Kehormatan Dari Manusia

Selain mendapatkan penghormatan dari Rasul, sang penghafal Al Qur’an akan dihormati oleh manusia ketika hidup. Rasulullah SAW bersabda bahwasanya diantara perbuatan yang mengagungkan Allah adalah menghormati pemeluk agama Islam yang telah berusia senja, menghormati orang yang telah menghafal Al Qur’an serta tidak melebih lebihkan ketika mengamalkan isinya, dan tidak membiarkan Al Qur’an tidak diamalkan, serta menghormati kepada penguasa yang adil.

  1. Mendapatkan Syafa’at Kepada Keluarganya

Rasulullah SAW kembali bersabda barangsiapa yang telah membaca Al Qur’an serta menghafalkannya, Allah akan memasukkannya ke dalam surga. Selain itu, Allah juga memberikannya hak syafa’at bagi sepuluh anggota keluarganya, yang mana mereka telah ditetapkan untuk masuk neraka. Dapat menyelamatkan sepuluh anggota keluarga, menjadi salah satu keutamaan menghafal Al Qur’an yang dijanjikan Allah kepada umatnya.

Dibutuhkan keinginan, kesabaran, keistiqamahan, niat yang kuat dan upaya nyata untuk bisa menghafal Al Qur’an. Bagi para orang tua yang sedang mencari pesantren tahfidz quran putri, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan si buah hati ke Ummu Habibah. Di pondok pesantren ini, mereka akan diajarkan untuk belajar hingga menghafalkan Al Qur’an yang sekiranya nanti bisa menyelamatkan dirinya beserta para anggota keluarganya.

 

Scroll to top