Ketahui Macam-Macam Kerajinan yang Ada di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat luar biasa. Salah satu kekayaan tersebut dalam bentuk kerajinan. Setiap daerah memiliki ciri khas dan keindahan sendiri. Batik merupakan salah satu kerajinan yang ada di Indonesia dan sudah mendunia.

Kerajinan memiliki dua fungsi, yaitu hias dan pakai. Fungsi hias mengutamakan keindahannya tanpa terlalu memperhatikan kegunaannya. Sedangkan fungsi pakai lebih mengutamakan kegunaannya daripada keindahan dari kerajinan itu sendiri.

Ada banyak kerajinan di Indonesia selain batik, masing-masing di antaranya memiliki kegunaan dan keindahan masing-masing. Di Indonesia sendiri ada banyak macam-macam kerajinan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Pengertian Kerajinan Menurut Para Ahli

pixabay.com

Suprapto

Kerajinan menurut Suprapto terbuat dari tangan serta menghasilkan barang-barang yang mempunyai nilai seni. Dalam proses pembuatannya disertai dengan ide-ide murni sehingga menghasilkan produk berkualitas serta memiliki bentuk menarik dan indah.

Wiyadi

Wiyadi mengatakan bahwa kerajinan merupakan segala aktivitas dalam dunia industri atau pembuatan suatu barang. Barang-barang tersebut dibuat dan dikerjakan oleh sifat terampil, rajin, ulet, dan kreatif sebagai upaya pencapaian nya.

Sumintarsih

Kerajinan merupakan suatu budaya Indonesia yang sudah ada sejak nenek moyang. Keberadaannya tercipta karena adanya kecenderungan dari manusia untuk mempertahankan hidup sehingga membuatnya menciptakan alat-alat kebutuhan sehari-hari. Misalnya alat berburu, pertanian, rumah tangga dan memasak.

Kusnadi

Menurut Kusnadi kerajinan itu dilahirkan dari sifat rajin manusia. Selain itu juga karena muncul sifat terampil dari manusia dalam menghasilkan suatu produk kerajinan.

Kadjim

Kerajinan adalah suatu usaha yang dikerjakan secara terus menerus dengan ketekunan, kegigihan dan kecekatan. Tidak hanya itu saja tetapi juga disertai dengan berdedikasi tinggi dan berdaya luas untuk melakukan suatu karya.

Macam-macam Kerajinan yang Ada di Indonesia

pixabay.com

Kerajinan Tangan

Macam-macam kerajinan yang pertama yaitu kerajinan tangan. Dimana dalam proses pembuatannya selalu mengutamakan kreativitas dan keterampilan tangan. Jenis-jenisnya antara lain bordir, anyaman, renda dan sebagainya. Produk yang dihasilkan memiliki nilai jual cukup tinggi.

Kerajinan Batik

Kerajinan batik menjadi yang paling populer karena sudah di kenal dunia. Kerajinan ini dibuat dengan cara melukis di atas kain menggunakan kuas dan canting dengan lilin yang dipanaskan. Ada beberapa jenis batik berdasarkan cara pembuatannya yaitu tulis, printing, dan cap.

Kerajinan Ukir

Bagian dari kerajinan ini adalah seni ukir kayu dan logam. Di indonesia daerah penghasil seni ukur kayu paling populer adalah Jepara, Bali dan Cirebon. Sedangkan daerah penghasil kerajinan ukir logam seperti Yogyakarta dan jawa Tengah.

Kerajinan Tenun

Kerajinan yang ada di Indonesia selanjutnya yaitu tenun. Kerajinan ini dibuat dengan teknik dan alat khusus. Di indonesia ada dua jenis tenun yaitu ikat dan songket. Daerah yang menghasilkannya adalah Palembang, Minangkabau, Lampung, Flores, NTT, NTB, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera Utara.

Kerajinan Topeng

Biasanya topeng digunakan sebagai perlengkapan dari pertunjukan tari dan bisa juga dijadikan hiasan. Kerajinan ini biasanya terbuat dari kayu. Daerah penghasil kerajinan topeng adalah Bali, Yogyakarta, Cirebon, Surakarta, dan Bandung. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Kerajinan Anyaman

Kerajinan anyaman terbuat dari bahan baku seperti rotan, bambu dan ate. Supaya hasilnya lebih cantik dan indah bisa dikombinasikan dengan pewarna alami. Pewarnanya berasal dari rerumputan dan dedaunan. Dengan cara ini anyaman yang dibuat akan memiliki nilai jual tinggi. Lombok adalah daerah penghasil kerajinan ini.

Kerajinan Wayang

Wayang menjadi salah satu budaya asli dari Indonesia, sedangkan ceritanya diambil dari budaya Hindu India. Biasanya digunakan untuk pertunjukan tetapi juga hiasan. Adapun jenis-jenisnya adalah wayang kulit dan golek. Daerah penghasil kerajinan ini adalah Surakarta, Yogyakarta dan Bali.

Kerajinan Keramik

Keramik adalah salah satu kerajinan yang ada di Indonesia dan terbuat dari tanah. Kerajinan keramik sangatlah beragam, seperti  guci, vas bunga, cangkir, mangkuk dan sebagainya. Daerah penghasil keramik di Indonesia adalah Sompok, Kasongan dan Mayong.

Kerajinan Tembaga

Kerajinan tembaga juga sangat populer di Indonesia. Hasil karyanya seperti kubah masjid, lampu gantung, lampu dinding, replika pintu nabawi, kaligrafi dan sebagainya. Biasanya kerajinan dari tembaga digunakan untuk mempercantik dalam dan luar ruangan. Daerah yang terkenal sebagai penghasilnya adalah Boyolali dan Yogyakarta.

Nah itulah macam-macam kerajinan yang ada di Indonesia. Masing-masing di antaranya memiliki kegunaan dan keindahan masing-masing. Kerajinan tembaga menjadi saah satu yang populer. Banyak barang atau produk dari tembaga ada di sekitar kita.

Scroll to top