Hal Yang Mempengaruhi Harga cabai rawit

Cabai rawit bisa di katakan sebagai primadona karena cabai ini merupakan cabai yang paling laris di pasaran dan merupakan cabai kegemaran banyak orang terutama di Indonesia, cabai rawit di sukai oleh banyak orang karena rasanya yang pedasnya pas dan lezat jika di campurkan dengan makanan sebagai pelengkap bumbu masak. Saat ini harga cabai rawit berkisar antara 40 ribuan hingga 50 ribuan per kilo gramnya tergantung dari daerah masing-masing karena setiap daerah memiliki penetapan harga yang berbeda-beda tergantung kondisi pasar dan daerah tersebut. adapun beberapa hal yang mempengaruhi harga dari cabai rawit ini adalah sebagai berikut.

Table of Contents

Hasil panen

Jika hasil panen sedang melimpah maka harga cabai bisa sangat murah dan bisa turun hingga lima puluh persen dari harga normalnya, hal ini di karenakan stok yang melimpah dan masih banyak lagi kiriman dari petani cabai oleh karena itu biasanya jika hasil panen sedang melimpah maka para petani dan penjual banting harga agar cabai laku di pasaran dan tidak merugi. Namun sebaliknya jika hasil panen sedang buruk dan hanya sedikit maka harga cabai di pasaran akan melambung tinggi bahkan bisa sampai dua kali lipat dari harga normal.

Distribusi

Distribusi cabai juga menentukan harga cabai, karena jika suatu daerah yang terletak jauh dari lahan pertanian cabai maka otomatis membutuhkan ongkos untuk membeli Cabai dari petaninya langsung. Meskipun di pasar biasanya selalu ada namun tidak semua cabai yang ada di pasar merupakan cabai yang masih fresh sehingga lebih baik membelinya langsung ke petaninya jika anda membutuhkan cabai dalam jumlah banyak.

Faktor alam

Faktor alam juga berpengaruh terhadap harga cabai, misalnya saja ketika musim kemarau tiba maka cabai tidak berbuah banyak dan panen pun hanya sedikit sehingga menimbulkan kelangkaan stok yang ada di pasaran dan akhirnya memicu melambungnya harga cabai.

Itulah ulasan mengenai harga cabai terupdate saat ini dan beberapa hal yang mempergaruhi fluktuatif atau perubahan harga pada cabai di pasaran.

Scroll to top