Pijatan Telinga, Salah Satu Cara Tradisional Agar Balita Cepat Bicara

 

Umumnya, anak akan mulai berbicara pada usia 1 tahun, tetapi tidak jarang karena beberapa kondisi anak akan mengalami keterlambatan bicara. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang tua, salah satunya dengan cara tradisional agar balita cepat bicara. Simak ulasan berikut.

Pijatan Telinga Untuk Merangsang Kemampuan Bicara Anak

  1. Tidak Boleh Sembarangan

Terapi rumahan ini diperkenalkan oleh Putu Divyanisa melalui akun Facebook-nya. Ia menjelaskan bahwa terapi pijat telinga ini dilakukan setiap hari kepada anaknya untuk merangsang kemampuan berbicara. Namun, ia juga menegaskan bahwa pijatan ini tidak bisa dilakukan sembarangan.

Putu sudah melakukan terapi ini kepada kedua anaknya yang pada usia 2 tahun belum bisa berbicara dan masih terbata-bata di usia 3 tahun. Berkat terapi rumahan ini, kini anaknya sudah bisa berbicara dengan lancar. Namun, ia juga menyarankan orang tua sering mengajak bicara.

  1. Tutorial Pijat Telinga

Putu memberikan tutorial dari terapi ini dan menyarankan untuk dilakukan bersamaan antara telinga kiri dan kanan. Pertama, tekuk-tekuk telinga sebanyak 8 kali. Pijat dari atas ke bawah sebanyak 4 kali dan sebaliknya, tekan telinga ke belakang hingga menempel kepala 8 kali, tekan bagian tengah 8 kali, dan tekuk ke dalam daun telinga bagian bawah 8 kali hitungan.

Banyak cara yang bisa ditempuh oleh orang tua untuk mengupayakan anaknya segera bisa berbicara. Mulai dari terapi rumahan tradisional hingga konsultasi ke dokter. Semua cara sah untuk anda coba asalkan tidak memiliki efek samping yang justru membahayakan tumbuh kembang anak.

Scroll to top