Siapa bilang tempat wisata di Jakarta semuanya mahal? Faktanya liburan di Jakarta tak melulu harus mengeluarkan banyak biaya. Bahkan tidak sedikit juga tempat wisata di ibu kota ini yang bisa Anda kunjungi secara cuma-cuma alias gratis.

Hampir segala hal di Jakarta memang ada harganya sehingga kita perlu banyak biaya. Namun hal ini tidak termasuk untuk bisa menikmati liburan di berbagai tempat wisata di kota ini. Di mana Anda bisa masuk dan bersenang-senang di dalamnya tanpa harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya tiket masuk.

Tempat Wisata Gratis di Jakarta

pixabay.com

Biaya yang cukup besar memang seringkali menjadi kendala saat ingin berlibur. Apalagi di kota Jakarta yang semuanya terkesan mahal dan sulit dijangkau. Akan tetapi jangan khawatir, karena di Jakarta juga ada beberapa tempat wisata yang murah dan bahkan gratis. Tempat-tempat wisata tersebut antara lain yaitu:

  1. Kota Tua

Kawasan Kota Tua merupakan pusat hiburan dan kesenian di jantung kota. Anda dapat menyusuri setiap sudut Kota Tua sambil melihat-lihat banyak bangunan bersejarah yang bernilai artistik. Anda juga bisa melihat berbagai pertunjukan dan menemukan aneka kuliner khas Jakarta. Disini Anda akan merasakan sensasi kembali ke masa lampau saat era kolonial.

  1. Galeri Nasional

Di tempat ini tersimpan beragam karya seni para seniman, seperti mural, patung, seni instalasi dan karya seni lainnya. Anda bisa melihat pameran seni ini secara gratis dan juga mendapat hasil foto yang Instagramable.

  1. Kawasan Monas

Tempat wisata ini sangat ikonik dan terkenal hingga seluruh Indonesia. Kawasan Monumen Nasional atau Monas sangat bersahabat untuk liburan menyenangkan tanpa banyak biaya. Di sini Anda bisa berolahraga, foto-foto, naik kereta wisata, melihat air mancur dan rusa tutul hingga berkunjung ke pasar malam.

  1. Setu Babakan

Aneka trip lain yang bisa Anda kunjungi gratis di Jakarta adalah perkampungan Setu Babakan. Dikenal dengan kebudayaan betawinya yang kental, setu babakan menyuguhkan suasana khas betawi lengkap dengan rumah adat, dialek dan keseniannya. Anda bahkan juga bisa menyaksikan pagelaran budaya khas betawi yang dipentaskan di tempat ini secara gratis.

  1. Kali Besar Kota Tua

Masuk dalam program revitalisasi Kota Tua menjadikan Kali Besar turut diubah semakin indah. Kali Besar ini disulap dengan wajah baru dan kini menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jakarta. Anda bisa berburu spot foto di kawasan ini seperti di Taman Apung dan atas jembatan penghubung.

  1. Taman Lapangan Banteng

Di kawasan taman ini Anda bisa berolahraga, berjalan-jalan atau hanya sekedar duduk bersantai menikmati suasana taman. Di Taman Lapangan Banteng ini juga ada spot foto menarik dan atraksi air mancur menari. Berkunjung saat malam hari, Anda akan melihat indahnya lampu-lampu cantik yang berwarna-warni.

Tips Liburan Hemat di Jakarta

stocksnap.io

Walaupun berencana menikmati liburan di Jakarta dengan mengunjungi tempat-tempat wisata murah dan gratis. Anda akan tetap memerlukan biaya selama berlibur untuk keperluan lainnya. Nah, jika Anda ingin lebih menghemat lagi biaya liburan selama di Jakarta, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Keliling Dengan Transportasi Umum

Selama berkeliling ke tempat-tempat wisata di Jakarta Anda tidak perlu khawatir mengenai transportasi. Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti KRL, Transjakarta atau Bus Kopaja. Tarif transportasi umum ini jauh lebih murah, jadi Anda bisa lebih menghemat biaya perjalanan. Tidak hanya itu, alat transportasi umum juga lebih mudah digunakan menjangkau banyak tempat.

  1. Pilih Penginapan Dekat Tempat Wisata

Jika Anda berasal dari luar kota dan berencana liburan beberapa hari di Jakarta. Pilihlah penginapan yang harga kamarnya terjangkau dan berada dekat dengan tempat-tempat wisata. Lokasi penginapan yang tidak jauh dari tempat wisata tujuan ini bisa lebih menghemat biaya transportasi Anda.

  1. Jajan di Warung Kaki Lima

Daripada mengeluarkan banyak biaya untuk makan di restoran, tidak salahnya untuk jajan di warung kaki lima. Selain harganya yang lebih terjangkau, menu yang dijajakan juga enak dan beragam. Apalagi di Jakarta, warung-warung tenda ini bisa mudah ditemukan. Namun meski begitu, pilihlah tempat dan makanan dengan bijak dan jangan sembarangan.

Liburan di Jakarta tidak selalu harus mahal, bukan? Jika Anda mengetahui lebih banyak tempat wisata di Jakarta, biaya tidak lagi menjadi masalah besar. Ada banyak tempat wisata menarik dan menyenangkan yang bisa Anda kunjungi untuk menghilangkan penat tanpa harus menguras kantong.

6 Tempat Wisata di Jakarta Yang Bisa Anda Kunjungi Gratis Tanpa Banyak Biaya
Scroll to top