Dinamika sosial terus melaju dan melesat seiring dengan perkembangan teknologi, jika jaman dahulu seseorang hanya bisa menjalin komunikasi dengan cara bertemu langsung tidak saat ini. Diawali dengan adanya pesawat telpon kemudian lebih sederhana dan mutakhir lagi dengan adanya telepon seluler hingga kini semakin berkembang dengan adanya ponsel pintar. Pada era ini, ponsel pintar benar-benar menggeser tata cara berkomunikasi seseorang.

Melalui berbagai aplikasi media sosial, seseorang dapat melihat langsung aktifitas apa yang sedang dilakukan atau mungkin beberapa aktifitas lalunya. Beberapa jenis media sosial yang sangat sering digunakan adalah facebook, instagram serta whatsapp. Di Indonesia Whatsapp juga menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, media sosial ini menawarkan berbagai kemudahan dalam penggunaannya.

PENGGUNAAN WHATSAPP DI KOMPUTER ATAU LAPTOP

WhatsApp yang sesengguhnya berupa aplikasi chat dan media sosial ini juga sebenarnya bisa di buka pada perangkat keras lain, seperti computer dan juga laptop. Prinsip dasarnya hanya satu yaitu perangkat tersebut harus terhubung kepada jaringan internet, sama seperti smartphone yang juga terhubung dengan akses internet.

Penggunaan aplikasi whatsapp di pada perangkat yang lebih besar biasanya digunakan untuk sebuah aktifitas yang tersentral, seperti proses pengiputan data-data penting perusahaan atau pemerintahan hingga pengiriman data yang lebih besar kepada drive penyimpanan google. Dengan adanya kemudahan tersebut maka proses pengerjaan dan pengiriman data akan terasa lebih mudah.

Whatsapp pada perangkat yang lebih besar juga memiliki fungsi yang sama seperti whatsapp pada smartphone, mulai dari mengirim berkas, menerima berkas dan link web, melakukan dan menerima panggilan dengan adanya tambahan perangkat microphone pada perangkat tersebut. Penggunaan whatsapp pada beberapa perusahaan atau instansi juga biasanya digunakan untuk melihat detail dari dari berbagai jenis file, khususnya file yang berbentuk excel atau csv.

Salah satu keuntungan dari penggunaan komputer atau laptop adalah mampu menampilkan gambar detail dengan ukuran yang lebih besar, sehingga detail data dapat diketahui lebih jelas dan terperinci. Di sisi lain jika data tersebut ingin di ambil gambarnya dapat pula dilakukan pengambilan gambar dengan cara ss di laptop, sama seperti cara screenshot pada sebuah computer.

pexels.com

TAMBAHAN APLIKASI BERUPA BLUESTACKS

Aplikasi whatsapp dapat di buka pada laptop dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan penggunaan aplikasi tambahan yang bernama bluestacks. Aplikasi ini berperan menjadikan perangkat Komputer atau laptop menjadi sebuah perangkat android, artinya semua aplikasi yang biasa kita temui dalam sebuah ponsel pintar dapat pula di jalankan pada computer, notebook atau laptop.

Aplikasi bluestacks bisa didapatkan dengan banyak alamat halaman dari internet, aplikasi ini berkapasitas cukup besar yaitu antara 900 Mb hingga 1 Gb. Kelebihan dari aplikasi ini adalah computer atau laptop yang terinstal tetap dapat beroprasi dan berjalan seperti biasanya, semua aplikasi android via bluestacks juga dapat berjalan sangat lancar sesuasi dengan akses jaringan internetnya. Untuk pemakaian aplikasi whatsapp pemilik hanya harus masuk kedalam akun yang telah dimiliki, sama seperti saat pemilik akun whatsapp login kepada ponsel baru.

Sayangnya aplikasi bluestack hanya dapat diinstal pada perangkat computer atau laptop dengan kapaistas RAM minimimum 2 Gb, jika kapasitas RAM dibawah itu otomatis proses penginstalan tidak akan berhasil. Karena fungsinya sama sebagai system operasional android, pengguna bluestacks juga harus mendownload dulu aplikasi yang di inginkan dari playstore sama persis seperti pada ponsel pintar.

pexels.com

MENGGUNAKAN FITUR WHATSAPP WEB

Cara lainuntuk menggunakan aplikasi Whatsapp jika perangkat computer atau laptop yang dimiliki tidak cukup mumpuni untuk diberikan tambahan aplikasi yang support adalah menggunakan fitur Whatsapp web. Fitur ini merupakan fitur bawaan dari aplikasi media sosial whatsapp untuk dapat digunakan pada perangkat lain, bisa perangkat computer atau laptop dengan perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan internet.

Caranya adalah buka browser utama apada laptop kemudian lanjutkan dengan menginput pada url browser dengan isian https://web.whatsapp.com/  maka secara otomatis akan terdirect kepada halaman web yang menampilkan aplikasi whatsapp pada laptop. Pada halaman tersebut terdapat sebuah barcode yang tergambar cukup besar, pada barcode itulah kunci utama untuk bisa menggunakan whatsapp pada perangkat laptop atau computer.

Lanjutkan dengan membuka aplikasi whatsapp pada smartphone, pada halaman beranda whatsapp ketuk titik tiga bagian kanan atas atau biasa digunakan untuk mensetting whatsapp. Cari keterangan whatsapp web lalu lanjutkan dengan mengetuknya. Secara otomatis akan dialihkan menuju “pindai kode QR” dengan keterangan dibawahnya “untuk menggunakan whatsapp web buka web.whatsapp.com di computer anda”.  Lanjutkan dengan mengetuk keterangan “OKE, saya mengerti” dengan gambar barcode pada laptop dan smartphone.

Pindai barcode pada laptop atau computer yang digunakan untuk membuka whatsapp tunggu beberapa detik dan selanjutnya akan langsung diarahkan pada beranda whatsapp pemilik akun. Di dalamnya akan terdapat riwayat chatt terbaru, status, serta panggilan sama seperti whatsapp pada smartphone android, fitur ini juga sama persis dapat mengirimkan stiker pada pilihan keyboarnya. Jika ingin mengirim berkas atau file seperti foto, dokumen, atau hal-hal lain yang ada pada fitur keyboard whatsapp tingaal mengetuk icon lampirannya.

WA DI LAPTOP
Scroll to top