Durian adalah buah tropis yang sangat banyak peminatnya. Umumnya, buah ini memiliki bau menyengat yang khas, harum, dan berkulit tajam. Daging buahnya biasanya memiliki warna kuning terang ataupun kuning pucat hampir putih. Namun, di antara jenis durian berdaging buah kuning seperti yang kita kenal pada umumnya, rupanya ada jenis durian unik yang memiliki daging buah berwarna merah. Jenis apa itu?

Dia adalah durian merah atau biasa juga dikenal dengan sebutan durian abang. Abang adalah bahasa jawa dari merah, sebab durian ini asalnya dari Desa Kamiren, Banyuwangi. Durian merah ini juga menjadi salah satu jenis durian unggulan di daerah asalnya, Jawa Timur. Oleh karenanya, banyak penggemar durian bertandang ke Jawa Timur untuk menikmati rajanya buah ini.

Perbedaan Durian Merah dengan Durian Lainnya

Berbeda dengan warna daging buah durian kebanyakan, durian merah memiliki dagung buah berwarna merah terang. Daging buahnya yang berwarna merah pun sangat tebal dan memiliki cita rasa yang manis, serta memiliki biji yang kecil. Sehingga, saat disantap, penikmat durian ini akan merasakan sensasi kenikmatan buah alami.

Buah durian merah memiliki keunggulan lain selain daging buahnya yang merah, yaitu memiliki kadar alkohol yang lebih rendah dan aroma yang lebih menyengat dibandingkan durian pada umumnya. Untuk ukurannya, buah ini berukuran sedang dan lebih kecil dibandingkan dengan durian jenis lainnya. Namun, warna kulitnya tidak berbeda dengan durian jenis lain.

Sayangnya, para penikmat durian harus menunggu waktu yang tak pasti untuk menikmati legitnya durian merah ini. Sebab, waktu berbuahnya durian merah memang tidak menentu, sehingga tidak dapat dipastikan kapan durian ini akna berbuah. Yang pasti, biasanya durian merah hanya berbuah sekali dalam setahun.

Durian merah yang tergolong langka atua tidak mudah didapat, membuat pengiriman bibit ini diperketat. Setiap kali dilakukan pengiriman bibit ke luar daerah, akan dilakukan pencatatan dihadapan notaris. Tujuannya adalah untuk menjaga durian merah tidak kehilangan identitasnya sebagai ikon daerah Banyuwangi.

 

Uniknya Durian Merah, Membuat Meriah
Scroll to top