Gawai sekarang ini hadir dengan beragam fitur yang menarik. Dulunya, hp lebih fokus untuk telepon dan pengiriman pesan singkat saja. Kemudian, era smartphone mulai hadir dan salah satu penandanya adalah jaringan internet serta keberadaan kamera. Kemudian, ada lebih banyak fitur yang menarik sehingga hp pun dianggap semakin pintar dengan keberadaan prosesor yang mumpuni dan aspek teknologi lainnya. Namun, sebagian orang tetap mengincar dan memfokuskan pilihan gawainya pada aspek kamera. Untuk itu, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila anda pun ingin memilih gawai dengan kamera yang bagus.

Table of Contents

Resolusi Kamera dan Teknologi Pengolahan Gambar

Ketika berbicara tentang kamera, yang seringkali menjadi pertimbangan adalah terkait resolusi kamera. Di masa lalu, resolusi kamera sebesar 5 MP saja sudah dianggap cukup bagus. Sekarang, kamera suatu gawai bahkan sudah mencapai resolusi puluhan mega piksel. Banyak gawai juga yang selalu mengedepankan ukuran piksel dari kamera sebagai daya tarik utamanya. Tentu saja piksel yang lebih tinggi memang mendukung kualitas gambar yang ditangkap oleh kamera di gawai tersebut. Namun, ternyata itu bukan suatu hal yang paling utama dalam gawai. Oleh karena itu, pertama yang perlu diketahui dalam hal pilihan kamera pada gawai bukan saja pada aspek besaran piksel yang ada. Banyak brand yang memasang dan memasarkan informasi terkait besaran piksel dan resolusi kamera, tapi ini bisa jadi hanyalah bagian dari pemasaran.

Salah satu yang bisa dilihat ada pada perbandingan kamera pada gawai iPhone dan gawai lainnya. Suatu gawai bisa saja memiliki resolusi kamera yang sangat besar tapi ternyata kualitas gambar yang dihasilkan masih tidak bisa menandingi kamera yang dibawa oleh iPhone walau selisih resolusi kamera yang ada cukup besar. Ini karena teknologi yang ada di kamera itu menjadi faktor penting. Teknologi pengolahan gambar akan bisa memproses gambar agar nantinya bisa menghasilkan kualitas gambar, ketajaman warna, hingga kebersihan gambar yang dihasilkan. Selain itu, ada juga faktor seperti stabilisasi yang diperlukan dalam pengambilan gambar. Kualitas lensa juga sangat penting. Oleh karena itu, sangat penting untuk tahu kualitas di balik besaran resolusi yang ada tersebut dan review, ulasan, atau informasi dari dari situs ceklist.id bisa dijadikan referensi.

Fitur yang Ada dalam Kamera

Yang tak boleh ditinggalkan adalah fitur yang dihadirkan dalam kamera yang dibawa gawai. Suatu gawai biasanya membawa beberapa fitur. Salah satu yang sekarang ini banyak diperlukan adalah adanya night mode. Night mode ini akan mendukung pengambilan gambar di malam hari atau saat kondisi di mana cahaya yang ada kurang. Dalam hal ini, flash tidak selalu mendukung dan sekarang mulai dihadirkan teknologi berupa night mode tersebut. Kualitas gambar akan menjadi lebih bersih dan lebih bagus dengan night mode. Oleh karena itu, keberadaan night mode dan kualitas night mode ini sangat penting. Ini tidak menjadi bagian dari faktor teknis kamera, tapi lebih pada teknologi pemrosesan gambar yang ada dan kualitas lensanya.

Faktor lainnya adalah ada tidaknya optical stabilization atau stabilisasi kamera. Ada kamera yang mengusung electronic stabilization tapi ada juga yang mengusung optical stabilization. Tentu, yang lebih bagus adalah kamera dengan optical stabilization. Dalam pengambilan foto, ini tidak terlalu dibutuhkan tapi akan sangat penting dalam pengambilan video. Video akan terlihat lebih stabil tanpa ada banyak getaran sehingga adanya gimbal pun tak perlu digunakan ketika sudah ada stabilisasi tersebut. Selain itu, ada faktor lainnya seperti fitur portrait dengan efek bokeh, pengaturan shutter speed dan fitur lain seperti pada kamera professional dan fitur lainnya.

Tips Memilih Hp Kamera yang Bagus dan Fitur yang Perlu Diketahui
Scroll to top