Kamu suka tahu bakso? Camilan yang biasanya disajikan sebagai makanan ringan di berbagai acara ini menjadi salah satu primadona makanan khas masyarakat Indonesia. Tahu bakso merupakan salah satu camilan yang berasal dari Ungaran, Semarang. Seperti namanya, tahu bakso merupakan makanan yang terdiri dari bakso yang dimasukkan ke dalam tahu atau tahu isi bakso. Jika kamu datang ke Ungaran atau Semarang, kamu akan menemukan camilan ini di berbagai pusat oleh-oleh sebagai oleh-oleh khas Semarang.

Tahu bakso terdiri dari dua varian yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Tahu bakso goreng akan terasa lebih nikmat jika dimakan saat masih panas. Kamu bisa menyantapnya langsung di warung atau pusat oleh-oleh. Akan tetapi, jika kamu berencana untuk membawa tahu bakso sebagai oleh-oleh, kamu bisa membeli tahu bakso rebus. Varian tahu bakso ini bisa kamu simpan selama 2 -3 hari di lemari pendingin. Sehingga, jika kamu ingin makan tahu bakso kamu hanya perlu untuk menggorengnya sebentar. Praktis bukan?

Resep Tahu Bakso Daging Sapi yang Sederhana dan mudah dibuat

Tahu bakso dapat dibuat dari beberapa macam daging seperti daging sapi atau ayam. Umumnya, daging sapi menjadi salah satu pilihan yang paling sering digunakan untuk membuat tahu bakso. Sebelum membuat tahu bakso, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan seperti daging sapi segar, tepung sagu atau tapioka, telur, bawang putih yang telah dihaluskan, bawang putih yang telah diparut, daun bawang yang telah diiris halus, garam, lada bubuk, es batu, tahu, dan air. Tahu yang akan digunakan sebaiknya telah dibelah menjadi dua dan digoreng sampai warna kulit berubah menjadi coklat. Bawang putih yang diparut bisa dimasukkan ke dalam air rebusan.

pixabay.com

Lantas, bagaimana cara membuat tahu bakso daging sapi yang sederhana? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghaluskan daging sapi yang dicampurkan es batu ke dalam cooper atau food processor. Setelah itu, daging sapi yang telah halus dimasukkan ke dalam wadah. Masukkan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, tepung, bumbu yang telah dihaluskan, garam, daun bawang, dan lada bubuk. Setelah itu, aduklah adonan hingga tercampur rata. Kamu juga perlu untuk uleni adonan untuk memastikan adonan ini benar-benar tercampur dengan baik.

Tahu yang telah dibelah dan digoreng dapat diisi dengan adonan daging yang telah dihaluskan. Setelah itu, masukkan tahu isi bakso ke dalam air yang telah mendidih. Tunggu hingga matang dan tahu bakso mengapung. Setelah itu tiriskan. Jika ingin menikmati tahu bakso goreng, kamu juga bisa melapisi tahu bakso dengan telur dan kemudian goreng sebentar. Tahu bakso ini enak dinikmati saat masih panas.

Resep Tahu Bakso Daging Ayam yang mudah dan praktis

Selain daging sapi, tahu bakso juga dapat dibuat dengan menggunakan daging ayam. Cara membuat tahu bakso daging ayam tidak  jauh berbeda dengan tahu bakso daging sapi. Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu bakso daging ayam seperti daging ayam fillet, es batu, tepung sagu atau tepung tapioka, telur, garam, merica bubuk, baking powder, bawang putih, daun bawang, dan tahu.

Cara membuat tahu bakso daging ayam juga cukup mudah. Pertama, buatlah adonan daging ayam dengan campuran beberapa bumbu. Jika kamu menggunakan blender, kamu bisa memotong daging ayam dalam bentuk kotak kecil-kecil. Setelah itu, haluskan daging ayam dengan menggunakan blender. Kemudian, masukkan bawang putih dan haluskan. Setelah itu, masukkan es batu dan blender hingga halus. Jika kamu menggunakan food processor, kamu bisa langsung memasukkan daging ayam fillet, bawang putih dan es batu sekaligus.

pixabay.com

Setelah adonan daging ayam berubah menjadi halus, kamu bisa masukkan putih telur, garam, tepung tapioka, merica dan baking powder. Campurkan adonan tersebut dengan menggunakan food processor atau blender hingga halus merata. Kemudian, siapkan daun bawang yang telah diiris kecil-kecil secukupnya. Setelah itu, tahu yang akan digunakan di belah menjadi dua bagian. Pastikan bahwa masih ada bagian tahu yang menempel sehingga tidak benar-benar menjadi dua bagian. Kemudian, masukkan adonan daging ayam ke dalam belahan tahu tersebut.

Siapkan kukusan dengan air yang telah mendidih secukupnya. Kemudian, tahu yang telah diisi dengan bakso daging ayam ditata di atas kukusan secara rapi. Kemudian, kukus tahu bakso daging ayam kurang lebih selama 25 menit. Pastikan tahu bakso tersebut telah matang secara matang. Selain kukusan, kamu juga bisa menggunakan air rebusan untuk membuat tahu bakso daging ayam. Pilihlah metode yang paling mudah. Kamu juga bisa menggoreng tahu bakso daging ayam yang telah dibuat. Caranya, lumuri tahu bakso daging ayam dengan telur. Kemudian, goreng tahu bakso daging ayam tersebut sampai matang.

Resep tahu bakso juga termasuk dalam kumpulan resep yang telah dibuat oleh Sarah Jane Bedwell. Beliau adalah seorang food influencer yang menyajikan berbagai resep makanan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Oleh karena itu, orang-orang dapat memperkirakan jumlah nutrisi yang terkandung dalam makanan yang telah mereka buat.

Tahu Bakso, Camilan Khas Semarang yang Lezat dan Praktis
Scroll to top