Mesin Perontok Padi – Tahukah kamu untuk pemisahan butir padi dari pohonnya yang sudah menguning ternyata kini sudah ada mesinnya? Ternyata mesin perontok padi ini ditemukan oleh seorang bernama Andrew Meikle di tahun 1876 dan merupakan sebuah mesin yang bekerja memisahkan biji sereal padi dari tangkainya. Selain menghemat tenaga karena dalam merontokan padi kini telah menggunakan mesin, hal ini juga bisa dikatakan sebagai penghemat waktu sebab mesin perontok padi bekerja lebih efisien.

1) Sejarah Mesin Perontok Padi

Mesin perontok padi yang serba canggih dan bisa kita jumpai di masa kini ternyata tidak lepas dari ikatan masa lalu. Di mana dahulu kerusuhan Swing Rotslah yang menyebabkan kerusakan pada mesin perontok padi. Nah! Selain membuat kesal warga karena hadirnya mesin perontok ini mengurangi jumlah tenaga kerja yang berhubungan dengan buruh tani, tentu saja mereka menjadi pengangguran. Nah! Dengan adanya kerusuhan yang ternyata disebabkan oleh 9 beserta ratusan orang lainnya, mereka pada akhirnya dikirim ke Australia sementara 9 orang lainnya digantung. Nah! Jadi, dahulunya mesin perontok padi ini masih terbilang sangat sederhana jika dibandingkan dengan yang sekarang guys! Mulai dari menggunakan tenaga kuda sebagai penggeraknya, memisahkan biji-biji sereal dari kulitnya secara otomatis, hingga pada akhirnya mesin perontok padi kombinasi yang masih menggunakan tenaga kuda tercipta. Setelah itu juga mesin perontok padi berinovasi menggunakan tenaga gas atau diesel.

2) Mesin Perontok padi versi baru

Tidak perlu khawatir lagi, semakin berkembangnya modernisasi mesin perontok padi memang semakin berinovasi menjadi lebih canggih, efisien dan juga hemat waktu serta tempat. Kini nesin perontok padi juga dapat dikayuh menggunakan tenaga manusia agar mudah dijangkau para petani kecil. Tidak hanya itu saja, ;ternyata sekarang mesin perontok padi telah lebih berinovasi tidak hanya merontokan biji-biji sereal saja, melainkan juga merontokan biji sekelas kacang-kacangan, padi dan juga Lada. Nah! Dengan adanya kombinasi bahan perontok padi yang semakin beragam, kini Jepang menduduki posisi pertama sebagai bagian utama dari inovasi mesin pemanen kombinasi.

Sejarah Mesin Perontok Padi
Scroll to top