Salah satu kebiasaan orang Indonesia saat pergi haji dan umroh adalah pulang dengan membawa oleh-oleh untuk sanak-saudaranya. Dari sudut pandang Islam, memberi oleh-oleh dengan niat yang baik merupakan perbuatan yang terpuji. Selama tidak memberatkan, membawa oleh-oleh untuk keluarga, tetangga, atau sahabat akan menjadi amal perbuatan yang mulia. Tidak heran jika banyak orang yang ketika ibadah haji dan umrohnya selesai dilaksanakan, mereka pergi ke tempat oleh-oleh khas Saudi di Madinah dan Makkah. Menurut beberapa pengalaman jamaah, berikut beberapa tempat yang sering dikunjungi untuk membeli oleh-oleh khas Saudi sebelum pulang ke Indonesia:

  1. Pasar Bab Makkah

Dikenal sebagai salah satu pasar yang buka hingga malam hari, Pasar Bab Makkah sebenarnya berada di kota Suhaifa, Jeddah, atau sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan. Pasar ini juga dikenal menjual souvenir, kurma, pakaian, dan aneka perlengkapan shalat dengan harga yang terjangkau. Tidak heran jika banyak jamaah Indonesia yang mengunjungi pasar ini untuk membeli souvenir.

  1. Haraj Al Sawarikh

Ketika masih berada di kota Jeddah, alternatif lain untuk mendapatkan oleh-oleh khas Saudi adalah pasar Haraj Al Sawarikh. Jika sebelumnya tempat ini dikenal sebagai pasar barang bekas dan menjual barang antik, kini mulai banyak ruko yang menjual aneka jenis kurma yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

  1. Pasar Jaafariyah Souq

Tak jauh dari kota Makkah, Jaafariyah Souq dianggap sebagai Tanah Abang-nya Arab mengingat banyak produk oleh-oleh yang dijual dengan harga murah. Anda mungkin akan terkejut karena beberapa penjual di pasar ini bisa bertransaksi dengan bahasa Indonesia karena banyaknya jamaan Indonesia yang berbelanja di pasar ini selama musim umroh dan haji.

  1. Bin Dawood

Terlihat seperti supermarket besar, tempat ini lebih banyak menjual aneka makanan dan produk pangan lain khas Arab Saudi. Ada banyak kurma, kue, kacang, kopi, dan perlengkapan muslim yang dijual dengan harga yang relatif murah. Tidak heran jika Bin Dawood merupakan tempat yang sering diunjungi jamaah yang telah menunaikan ibadah haji dan umroh sebelum pulang ke negara masing-masing.

Rekomendasi Tempat Oleh Oleh Khas Saudi Di Madinah dan Makkah
Scroll to top