Anda harus ekstra hati-hati jika ingin membeli burung perkutut lokal. Pasalnya, banya sekali pedagang nakal. Jika Anda tidak tahu ciri-ciri burung yang satu ini, bisa saja Anda korban penipu selanjutnya.

Ada banyak sekali orang yang mencari burung perkutut jenis ini. Alasannya adalah kiacaunya yang kencang. Dan ini bagus untuk diajak untuk kontes. Sekarang, semakin banyak kontes burung dengan hadiah yang variatif. Bahkan, ada lho hadiah kontes senilai motor mewah.

Jadi, wajar kan jika banyak yang memburu burung yang satu ini. Hanya saja, hati-hati jangan sampai membeli yang palsu.

Ciri Khas Perkutut lokal

Apa saja ciri-ciri dari burung perkutut lokal ini? Berikut ini ciri-ciri yang mudah sekali Anda kenali.

  1. Tubuhnya Relatif Kecil

Pernah lihat burung perkutut Bangkok? Jangan sampai Anda bandingkan antara Bangkok dan yang lokal ya. Pasalnya, jelas tidak sebanding. Perkutut Bangkok memiliki tubuh yang lebih besar daripada perkutut lokal.

Meskipun demikan, suaranya bisa diadu. Tak jarang justru perkutut lokal yang cuitannya jauh lebih merdu dan tinggi lho. Makanya, jangan underestimate dengan tubuhnya yang kecil.

pickupimage.com
  1. Kepala Bulat

Ukuran tubuh perkutut lokal memang kecil. Begitu juga dengan ukuran kepalanya. Kepalanya berbentuk sedikit lebih bulat. Ini sebenarnya yang paling mudah diingat. Bahkan, mereka yang sudah paham perbedaan burung pasti langsung bisa menebak setelah melihat bentuk kepalanya.

  1. Warna Kaki

Memang tidak semua perkutut yang lokal itu punya warna kaki yang sama. Akan tetapi, secara umum, kaki burung yang satu ini berwarna ungu. Ada juga yang sedikit merah kehitam-hitaman.

  1. Ekor

Dari banyak ciri dari buruk yang satu ini, ekornya yang paling menarik. Setidaknya bagi mereka yang senang sekali punya burung ukuran kecil.

Meskipun ukuran tubuhnya kecil, burung perkutut lokal punya ekor yang panjang lho. Memang tidak terlalu panjang. Hanya saja, kerena ukuran tubuhnya yang kecil membuat ekornya terlihat begitu panjang.

  1. Suara

Siapa bilang perkutut yang lokal tidak bisa diandalkan untuk konses burung. Banyak orang yang punya perkutut harga mahal. Kenapa? Tentu saja karena suaranya yang merdu dan melengking. Jadi, jangan hanya menganggap perkutut Bangkok yang paling bagus.

Suaranya terdengar tipis tapi cepat. Ada sedikit suara seperti kung yang terdengar patah-patah. Ini yang membedakan antara perkutut lokal dengan Bangkok.

Itulah ciri-ciri dari burung perkutut lokal. Hafalkan dan pahami. Jika perlu, cobalah Anda datang ke tempat penjualan burung. Coba lihat di sana tebak mana yang menurut Anda burung perkutut lokal. Ini sebagai ujian agar Anda tidak salah pilih.

pickupimage.com

Makanan Perkutut lokalyang Penting Diberikan

Sudah siap untuk memelihara burung yang satu ini? Jangan sampai Anda sudah punya di rumah tapi tidak tahu makanan apa yang harus diberikan.

Ada banyak sekali jenis makanan yang disukai burung ini. Yang pertama voer. Ini makanan yang secara umum diberikan untuk semua jenis burung. Akan tetapi, usahakan membeli voer khusus untuk perkutut . Bukan yang lain.

Selain itu, perkutut juga suka dengan jangkrik. Ini salah satu makanan paling bergizi untuk burung. Jika ingin kontes, banyak pemilik burung yang memberikan makanan berupa jangkrik lebih banyak daripada hari-hari biasa. Katanya, ini bisa membuat kicau burung lebih mantap.

Makanan selanjutnya adalah kroto. Sama dengan jangkrik. Makanan ini seperti multivitamin sehingga burung bisa berkicau lebih keras dan merdu.

Tidak sulit untuk menemukan makanan untuk burung perkutut lokalini. Yang penting, Anda jangan sampai lupa memberikan makanan setiap hari. Jadwalkan pada jam berapa saja burung harus diberi makan.

Perawatan Lain yang Perlu Dilakukan

Selain memberikan makanan yang bergizi, perawatan juga harus rutin diberikan. Misalnya saja memandikan setiap pagi hari. Gunakan semprotan burung untuk memandikan. Lalu, jemurlah di pagi hari selagi sinar matahari belum terlalu terik. Sembari menjemur, Anda berikan makanan berupa voer.

Setelah itu, masukkan ke dalam rumah. Putarkan masteran suara burung yang berbeda-beda. Ada banyak sekali masteran yang bisa Anda coba perdengarkan. Ini merupakan terapi dan juga latihan agar burung perkutut lokalmilik Anda bisa berkicau lebih keras dan lebih merdu lagi. Anda siap untuk membawanya ke kontes kicau burung.

Jangan kecewa jika ternyata kalah. Kalah bukan berarti burung perkutut lokal Anda kurang bagus. Yang terpenting, lakukan perawatan yang terbaik. Cari masteran yang variatif. Maka burung Anda akan lebih siap lagi untuk kontes kicau burung selanjutnya.

Jangan Ketipu Ya! Inidia Ciri-Ciri
Scroll to top