Saat kita kecil mungkin kita sering melihat bunga kembang sepatu tertanam di pinggir jalan. Bunga tersebut memiliki warna merah semu oranye atau merah muda semu merah tua. Karakteristik bunga kembang sepatu sangat mudah dikenali karena benang sarinya yang begitu panjang hingga terlihat dari bagian luar bunga kembang sepatu.

Arti Dan Makna Dari Bunga Kembang Sepatu

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa bunga kembang sepatu dinamai demikian padahal bentuknya sama sekali tidak menyerupai sepatu. Jawabannya adalah karena di daerah daratan India, bunga Hibiscus ini sangat sering digunakan untuk menyemir sepatu. Sehingga oleh masyarakat Indonesia bunga ini dijuluki sebagai kembang sepatu.

Di daerah Amerika, bunga kembang sepatu memiliki sebutan Rose of Sharon. Bunga ini digunakan untuk mengakui kecantikan seseorang. sehingga seharusnya seseorang bangga jika menerima bunga ini dari orang lain.

Dari daerah China bunga ini digunakan untuk mengakui keindahan orang lain. Di daerah Hawai, bunga ini pun biasanya dirangkai seperti kalung dan diberikan kepada pejabat atau turis yang datang kesana.

Berbagai warna dari kembang sepatu memiliki makna berbeda. Kembang sepatu yang berwarna ungu diartikan sebagai sesuatu yang misterius dan berkelas. Sedangkan bunga kembang sepatu yang berwarna putih melambangkan kesucian dan kemurnian. Warna kuning, artinya bunga tersebut membawa kebahagiaan kepada siapapun yang memilikinya. Dan masih ada banyak lagi warna kembang sepatu yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

 

Mengenal Lebih Dekat Bunga Hibiscus, Si Bunga Kembang Sepatu
Scroll to top