Pulau Sulawesi yang berbentuk seperti huruf K jika dilihat melalui peta memiliki 6 provinsi yang salah satunya adalah Sulawesi Tenggara. Seperti namanya provinsi ini terletak di sebelah tenggara Pulau Sulawesi. Ibukota dari provinsi tersebut adalah Kendari. Berbagai keanekaragaman juga terdapat di provinsi tersebut. Mayoritas penduduknya adalah Suku Tolaki dan Buton. Selain itu terdapat juga masyarakat Suku Moronene, Muna, Wawonii, dan masih ada lainnya yang tinggal di provinsi tersebut. Banyaknya masyarakat yang tinggal dengan berbagai macam suku memungkinkan adanya berbagai agama dan bahasa yang mereka gunakan. Sebagian besar masyarakat di provinsi tersebut menganut agama Islam. Namun ada juga sebagian kecil yang menganut agama Kristen, Katolik, Hindu, dan lainnya. Selain itu bahasa yang digunakan juga berbeda – beda mulai dari bahasa Indonesia hingga bahasa daerah seperti Wolio, Moronene, Cia – Cia, Bajo, Tolaki, dan lain – lain.

Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki berbagai hasil bumi yang cukup banyak. Hingga saat ini pertanian di provinsi tersebut masih bisa berkembang. Hasil pertanian yang unggul di provinsi ini adalah kopi, kelapa, cengkih, kakao, dan kacang mede. Selain itu provinsi tersebut juga masih memiliki hutan yang sering di lakukan tebang pilih untuk mengambil kayunya. Wilayah Sulawesi Tenggara yang dekat dengan lautan membuat penduduk sana memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Sehingga usaha perikanan baik darat maupun laut sangat mungkin dilakukan di provinsi ini. Selain itu peternakan dan pertambangan juga telah menjadi penghasilan dari provinsi tersebut.

Berbagai kebudayaan juga telah lahir di Provinsi Sulawesi Tenggara. Banyak sekali upacara adat yang sering dilakukan di setiap kabupaten seperti upacara adat mataa, posuo, karia, dan masih banyak lainnya. Tempat wisata yang ada di provinsi ini juga tidak kalah menarik. Banyak bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi. Selain itu yang paling menarik adalah beberapa seni tarian yang akan menghibur yaitu tari dinggu, tari lulo, dan masih banyak lagi. Provinsi ini juga memiliki wisata alam yang menarik mulai dari taman nasional, pantai, hingga pulau kecil.

Mengenal Keanekaragaman di Provinsi Sulawesi Tenggara
Scroll to top