Mengenal Keindahan Masjid Agung Semarang

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tempat wisatanya. Baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, maupun wisata religi. Berbicara tentang wisata religi, saat ini banyak sekali tempat-tempat yang dijadikan sebagai objek wisata religi. Biasanya objek wisata religi yang dipilih memiliki sisi historis ataupun perkembangan mengenai agama itu sendiri.

Salah satu objek wisata religi yang menjadi pilihan bagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah masjid. Tentunya bukan sembarang masjid, tetapi lebih kepada masjid yang menjadi cikal bakal perkembangan agama Islam di Indonesia ataupun memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itulah, tak jarang kita melihat masjid yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Ada banyak sekali masjid di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai objek wisata religi. Masjid Agung Semarang adalah salah satu contohnya. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung Jawa Tengah karena letaknya yang berada di ibu kota dari provinsi ini. Lebih tepatnya di kota Semarang.

Tidak lengkap rasanya apabila Anda pergi berlibur ke Semarang, namun tidak mengunjungi masjid ini. Selain memiliki gaya arsitektur yang indah, kemegahan dari masjid ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi dengan luas masjid yang dapat menampung hingga puluhan ribu jamaah.

unsplash.com

Bagi Anda yang gemar mengabadikan momen melalui foto, tersedia banyak spot foto di masjid ini. Jadi, selain berwisata religi sekaligus melakukan ibadah, Anda juga bisa berfoto bersama sanak keluarga ataupun teman yang pergi berlibur bersama ke masjid ini. Anda akan merasa kagum dengan keindahan serta kemegahan yang dimiliki oleh masjid agung ini.

Sebagai masjid terbesar yang ada di Jawa Tengah, tentu saja tidak heran jika masjid ini selalu ramai didatangi wisatawan dan juga menjadi ikon dari kota Semarang itu sendiri. Gaya arsitektur yang digunakan pada masjid ini merupakan perpaduan antara Arab, Jawa, dan juga Romawi yang kemegahannya tiada tara.

Tidak hanya itu saja, Masjid Agung Semarang juga memiliki enam buah payung yang cukup besar di bagian pelatarannya. Keenam payung ini dapat dibuka dan menjadi tempat untuk berteduh. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 2006 ini, secara langsung diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden Republik Indonesia pada saat itu.

unsplash.com

Fasilitas Masjid Agung Semarang

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan di masjid agung ini. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menara Asmaul Husna

Jika Anda mengelilingi masjid ini, maka Anda akan menemukan menara tinggi. Itulah menara Asmaul Husna yang dibangun dengan ketinggian 99 meter yang menggambarkan jumlah dari Asmaul Husna itu sendiri. Terdapat 19 lantai, dimana masing-masing memiliki isi yang berbeda.

Khusus untuk lantai dua pada menara ini, terdapat museum yang berisi sejarah perkembangan islam di Jawa Tengah. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan kota Semarang, maka Anda dapat naik ke lantai 19.

  1. Al Quran Raksasa

Masjid agung ini memiliki koleksi Al Quran raksasa yang berukuran 145×95 sentimeter. Al Quran ini ditulis secara langung oleh Drs. Khyatudin yang merupakan salah satu pimpinan di Pondok Pesantren Al-Asyariyyah. Jika Anda penasaran dengan Al Quran ini, maka Anda bisa menuju ke ruang utama yang digunakan untuk sholat.

  1. Bedug Raksasa

Tidak hanya Al Quran raksasa saja yang tersedia di masjid ini, bedug yang digunakan ketika adzan akan berkumandang pun juga raksasa. Ukuran bedug di masji ini adalah panjang 310 sentimeter dengan diameter 220 sentimeter. Beduk ini adalah replika dari bedug Pendowo Purworejo.

unsplash.com

  1. Tongkat Khatib

Di dalam masjid agung ini juga terdapat tongkat khatib yang merupakan milik masjid ini sendiri. Tongkat ini adalah pemberian dari Sultan Hassanal Bolkiah yang berasal dari Brunei Darussalam. Apabila Anda merasa penasaran dengan tongkat khatib ini, maka Anda wajib untuk mengunjungi masjid agung ini.

Itulah beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati. Jadi, Anda akan mendapatkan paket lengkap jika mengunjungi masjid termegah di kota Semarang ini. Justru Anda akan merasa rugi jika melewatkan kesempatan mengunjungi masjid ini ketika sedang berada di kota Semarang. Maka dari itu, pastikan jika masjid ini masuk kedalam daftar liburan Anda selanjutnya.

Biasanya setiap masjid identik dengan karpet masjid yang digunakan sebagai alas sholat. Sekarang ini ada banyak toko-toko yang jual karpet masjid. Karpet ini dijual dengan ukuran per meter sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masjid tersebut. Selain itu, corak dan warnanya juga cukup beragam serta bisa menjadi variasi baru pada masjid.

Di kota Semarang, Anda dapat dengan mudah menemukan toko jual karpet masjid. Tentunya dengan harga yang relatif, tergantung pada kualitas dan corak yang Anda pilih. Akan tetapi, harga tersebut masih dalam kategori terjangkau.