Kanker paru merupakan penyakit yang mematikan berdasarkan klaim dari WHO. Penyakit inilah yang menyebabkan tubuh kehilangan abilitas nya dan fungsinya. Bahkan penyakit ini dijuluki sebagai penyebab kematian paling utama di dunia.

Berdasarkan ukuran sel dan tumornya, penyakit ini dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu KPKSK atau kanker paru karsinoma sel kecil yang merupakan kondisi sel sel kanker masih berukuran kecil dan perlu menggunakan mikroskop. Nantinya kanker ini akan tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Selanjutnya ada KPKBSK atau kanker paru karsinoma bukan sel kecil yang merupakan kondisi kanker yang ukurannya jauh lebih besar daripada KPKSK. KPKBSK ini jauh lebih banyak diderita oleh orang kebanyakan. Kanker besar ini perkembangannya tidak secepat yang kecil.

Tanda-tanda & gejala

Kanker paru paru ini memiliki gejala apabila sel tersebut sudah ber metastasis atau sudah menyebar ke berbagai tubuh lainnya. Pada gejala awal pada umumnya tidak menunjukkan gejala. Gejala baru bisa timbul biasanya saat sudah parah. Gejala gejala tersebut antara lain yaitu adanya Ketidaknyamanan lada dada, batuk yang parah dari waktu ke waktu, permasalahan pernafasan, dahak yang berdarah, suara menjadi serak, kesulitan menelan, kehilangan berat badan, kelelahan, kelenjar getah bening membesar.

Penyebab

Seperti jenis kanker lainnya, kanker paru disebabkan oleh racun karsinogenik yang terdapat di paru paru. Namun kasus yang dapat meningkatkan resiko penyakit ini yaitu merokok.Terutama bagi anda yang merokok dengan dosis 30 pack pertahun. Pekerja dengan paparan karsinogenik serta second hand smoking juga bisa terkena resiko penyakit ini.

Pengobatan

Orang yang terjangkit penyakit ini biasanya dapat diobati dengan bedah kemoterapi, terapi imunoterapi, terapi radiasi ataupun dengan melakukan kombinasi ketiganya. Dokter akan mengangkat jaringan kanker dengan prosedur kemoterapi, bisa juga dengan obat obatnya khusus antineoplasma yang berfungsi untuk mengecilkan bahkan membunuh sel kanker. Penderita juga bisa diobati dengan sinar energi tinggi yaitu sinar x. Untuk terapi target bisa dilakukan dengan menggunakan obat yang mampu memblokir target pertumbuhan serta penyebaran sel kanker. Sedangkan untuk imunoterapi bisa menggunakan obat yang bisa mengaktifkan sel imun dalam tubuh.

Kanker Paru
Scroll to top