Inilah Sederet Sungai Terpanjang di Brunei Darussalam

Brunei Darussalam menjadi salah satu negara yang berada di pesisir yang mana membuat negara ini mempunyai sederet sungai dengan panjang yang berbeda – beda. Lingkungan di sekitar sungai yang ada di negara ini terbilang bersih dan asri karena terjaga dengan baik. Sehingga jika anda berkunjung ke Brunei Darussalam maka anda bisa mencoba untuk melihat sederet sungai yang ada di sana. Di Brunei Darussalam juga terdapat sungai terpanjang, inilah deretan sungai terpanjang tersebut beserta penjelasannya.

Daftar Sungai Terpanjang yang Ada di Brunei Darussalam

Sungai pertama ditempati oleh Sungai Belait. Sungai ini menjadi sungai terpanjang uang mana mengalir pada bagian daerah barat. Sungai ini menjadi salah satu sumber mata air untuk warga sekitar. Sungai ini dijadikan salah satu sarana transportasi yang sudah dilakukan dari sejak dulu hingga sekarang. Beberapa warga juga memanfaatkan sungai tersebut untuk mencari ikan untuk memenuhi kebutanan sehari – hari.

Sungai yang ke dua adalah Sungai Tutong. Sungai ini juga dijadikan sebagai jalur transportasi yang mana menghubungkan wilayah satu dengan yang lainnya. Banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung ke sungai ini dengan menggunakan perahyu dayung maupun perahu mesin untuk mengusuri sungai berkeliling kota. Kebersihan yang ada di sungai ini juga sangat terjaga. Hal tersebut dikarenakan peraturan yang ditetapkan oleh pihak kesultanan mampu membuat warganya cinta kebersihan.

Sungai ke tiga adalah sungai Brunei. Aliran sungai ini juga melewati ibukota Bandar Seri Begawan. Sama seperti sungai lainnya yang ada di Brunei Darussalam. Sungai Brunei ini mempunyai kebersihan yang sangat terjamin. Airnya yang jernih membuat warga sekitar memanfaatkannya sebagai sumber air. Sungai ini juga mempunyai anak – anak sungai yang cukup terkenal dan dimanfaatkan juga oleh warga sekitar. Itulah ke tiga sungai terpanjang yang ada di negara Brnei Darussalam. Tentu masih ada banyak sungai lainnya yang ada di sana. Sungai menjadi salah satu sarana transportasi yang penting di wilayah tersebut sehingga kebersihannya juga harus dijaga.

Scroll to top