Penyebab hp cepat panas ini sangat beragam. Kadang tidak sadar sering dilakukan. Akhirnya, muncullah kebiasaan yang mengakibatkan masalah lebih luas pada ponsel kesayangan.

Sensasi panas ini memang sering dirasakan oleh kebanyakan pengguna smartphone. Meskipun begitu, terkadang ada saja yang mengabaikannya. Malahan ada beberapa kasus yang cukup memilukan. Hpnya yang overheat malah terbakar ataupun meledak.

Kondisi semacam ini harusnya dihindari. Manfaatnya selain menjaga keawetan ponsel kesayangan, Andapun bisa terhindar dari masalah terbakar.

Pada kesempatan kali ini, kami akan tunjukkan beberapa hal yang menyebabkan hp cepat panas. Salah satunya adalah bermula dari penggunaan cashing. Untuk memahaminya, mari perhatikan informasinya berikut ini.

Table of Contents

Kaitannya Cashing Dan Panas HP

pexels.com

Penggunaan cashing nampaknya sangatlah lumrah. Cashing ini yang semula hanya sebagai aksesoris, kini berubah perannya sebagai pelindung HP. Dan modelnya kini bervariasi.

Modelnya yang unik dengan balutan warna yang ciamik membuat pemilik HP kesengsem untuk memilikinya. Apalagi membelinya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Artinya, cashing ini dijual sangat murah.

Namun harus dipahami bahwa cashing ini bisa mengakibatkan smartphone semakin panas. Alasannya, cashing ini secara tidak langsung berfungsi sebagai jaket. Tahu sendiri kan, jaket itu fungsinya untuk menghangatkan benda yang diselimutinya.

Begitupula dengan HP. Ketika diselimuti terlalu lama, maka HP juga akan menjadi panas. Kondisi ini akan semakin meningkat bilamana Anda sering meletakkan HP di dekat dengan area tubuh Anda.

Peletakan/penyimpanan HP di sekitar tubuh memungkinkan adanya hantaran panas. Tubuh yang semakin hangat akibat aktifitas secara langsung akan menghantarkan panasnya ke HP. Makanya, perangkat seluler ini juga akan menjadi lebih panas.

Penyebab hp cepat panas ini sebenarnya terlihat remeh. Tapi nyatanya berpengaruh sangat besar. Hp Anda yang cepat panas akan mengakibatkan kerusakan pada mesin di dalamnya. Bisa jadi, sambungan perangkat di dalamnya akan meleleh sehingga ponsel tidak berfungsi dengan baik.

Menyadari akan hal ini, Anda sebaiknya menyikapinya dengan bijak. Solusinya adalah tidak menyimpan ponsel di dekat tubuh. Misalnya tidak meletakkannya di saku baju ataupun celana.

Ada baiknya jika Anda memanfaatkan tas kecil. Itu jauh lebih baik untuk meminimalkan panas yang berasal dari tubuh si pengguna.

Ketika memang panas sudah dirasakan, sesekali Anda buka cashing terlebih dahulu. Bukalah beberapa menit agar smartphone bisa dingin kembali.

Lalu, Bagaimana Jika Masih Tetap Panas?

pexels.com

Faktanya, tidak sedikit hal yang menyebabkan smartphone cepat panas. Anda bisa menengok informasi lengkapnya di videomax.co. Tapi sebagai gambarannya saja, Anda bisa menengok informasinya di bawah ini.

  1. Kerusakan Baterai

Salah satu penyebab smartphone semakin panas adalah adanya kerusakan pada baterai. Kerusakan ini membuat pengisian daya semakin terganggu. Ciri khasnya, ada sensasi panas ketika memegang bagian bawah smartphone.

  1. Kerusakan Charger

Jika baterai Anda tidak mengalami masalah, kemungkinannya adalah chargernya. Anda bisa mengenalinya dengan meletakkan tangan ke area colokan charger/sambungan antara kabel dengan lubang charger di HP.

Jika ditemukan sensasi panas berlebihan di sini, Anda bisa memastikan itu berasal dari charger. Ketika panas ini dibiarkan, panasnya akan merambat pada seluruh ponsel.

Biasanya, kerusakan ini dipengaruhi oleh kebiasaan buruk saat mengisi daya. Misalnya, Anda membiasakan diri untuk mencharger hp sepanjang malam ketika akan tidur.

Kebiasaan ini secara tidak langsung akan membuat charger bermasalah. Aliran listrik akan terus masuk dan dinetralkan di charger. Hanya saja, sewaktu-waktu charger ini akan rusak sehingga muncullah panas tersebut.

  1. Overlocking

Ini adalah sebuah kondisi dimana pengguna mencoba berbagai cara untuk mempercepat kinerja smartphone. Cara khusus dilakukan seperti melakukan root hp dengan alasan lebih baik dari sebelumnya.

Praktek ini sudah umum dilakukan. Tetapi resikonya adalah smartphone akan dipaksa bekerja lebih keras. Akibatnya, smartphone akan cepat panas. Bahkan baterainya cepat habis.

  1. Menggunakan HP Nonstop

Tidak dipungkiri bahwa HP cukup sulit dilepaskan dari kehidupan penggunanya. Hampir setiap waktu, penggunanya akan menggunakannya. Mulai dari membuka pesan, browsing, sampai bermain game.

Masalahnya, keseringan dalam menggunakannya di luar batas kewajaran inilah yang membuat hp mudah panas. Parahnya, pengguna kadang tidak memperdulikannya lantaran terlalu asik untuk menggunakannya.

Mau tidak mau, solusinya adalah membatasi pemakaian. Sedari awal, Anda harus membuat komitmen khusus untuk menggunakan dalam durasi berapa menit tiap harinya. Dengan begitu, smartphone akan lebih awet dan tidak cepat panas.

Itulah informasi yang bisa disampaikan di sini. Beberapa masalah itu timbul dari hal-hal kecil. Jadi, hindari penyebab hp cepat panas tersebut agar smartphone kesayangan lebih tahan lama.

Cashing Hp Ternyata Menjadi Penyebab Hp Cepat Panas
Scroll to top