Kegiatan berkemah biasanya dilakukan di hutan atau di tengah perjalanan ketika mendaki. Bagi kam yang baru akan mencoba kegiatan ini sebelumnya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang terlebih dahulu ketika akan melakukan kemah.

Persiapan tersebut seperti perbekalan, perlengkapan tenda, baju hangat, peralatan masak dan lainnya. Dari banyaknya persiapan tersebut yang tak boleh dilupakan adalah cara membuat tenda. Terlihat sepele memang akan tetapi pada kenyataannya diperlukan pengetahuan dan keahlian untuk mendirikan tenda. Maka dari itu selarastenda.com akan membahas bagaimana cara membuat tenda supaya tenda yang dibuat nyaman dan tidak asal-asalan. Apalagi jika tenda yang di sewa merupakan dari sewa tenda Jakarta.

Cara Membuat Tenda

Nah ini dia cara membuat tenda kurang dari 20 menit bagi kamu yang baru mencoba untuk berkemah:

  1. Langkah pertama

Pertama kamu harus mencari lokasi permukaan tanah yang rata dan ukurannya sesuai dengan ukuran tenda yanga akan didirikan. Lalu, letakkan tenda diatas tanah yang telah ditentukan tersebut dengan posisi bagian belakang ada di atas.

Berikutnya pasang semua tiang di depan, samping, belakang dan pada bagian pintu tenda. Setelah itu tancapkan dua buah penanda tepat pada bagian tengah tenda lalu lipatlah tendanya.

  1. Langkah kedua

Ketika kamu mendirikan tenda dengan banyak orang maka mendirikan tenda tersebut akan lebih cepat. Apabila empat orang maka ada pembagian tugasnya sendiri. Misalnya si A dan B tugasnya mendirikan dan mengangkat tiang tenda. Lalu si C dan D menarik setiap tali yang telah dipersiapkan. Maka mendirikan tenda pun akan lebih cepat selesai jika bergotong royong.

  1. Langkah ketiga

Apabila si A dan B telah selesai melakukan tugasnya. Maka si C dan D harus segera menarik tali dan mengikatanya di setiap patok/pasak yang telah disiapakan.

Sebaiknya ketika mengikat tali tenda, ikat terlebih dahulu pada sudut kiri dan kanannya. Lalu dilanjutkan dengan mengikat tali tenda pada bagian pintu tenda, bagian depan dan terakhir pada bagian belakang tenda. Tali tenda harus diikat dengan sangat kuat dan menggunakan simpul ganda.

  1. Langkah keempat

Langkah yang terakhir yaitu mengikat setiap tali yang berada di dinding-dinding tenda pada pasak/patok yang telah dipersiapkan sebelumnya. Tarik dengan kuat supaya tenda dapat berdiri dengan kokoh.

Tips mencari tempat yang baik untuk mendirikan tenda

Berikut ini merupakan tips untuk mencari tempat mendirikan tenda yang baik:

  1. Hindari pohon besar

Ketika mendirikan tenda dekat pohon besar maka sangat penting untuk memperhatikan kondisi pohon tersebut. Pohon tersebut haruslah kokoh dan tidak rapuh.

Sebab apabila ada angin kencang dapat sangat membahayaka keadaan sekitar. Sebaiknya hindari pohon besar atau sebisa mungkin cari pohon yang masih kokoh dan segar.

  1. Pilih lokasi yang luas dan berada di dataran tinggi

Supaya tenda berdiri dengan sempurna tanpa menggunakan teknik yang rumit. Cari tempat yang datar dengan kontur tanah normal yaitu tanah yang tidak terlalu keras dan juga tidak lembek.

Alangkah lebih baiknya tidak memilih lokasi yang bergelombang sebab dengan demikian akan memperlambat proses mendirikan tenda. Berikut ini adalah tips tambahan bagi pemula ketika mendirikan tenda:

  • Cari tiang penopang dan penyangga dari ranting yang ada di hutan. Ingat gunakan dengan bijak supaya tidak merusak kelestarian hutan.
  • Ketika tidak membawa tali yang cukup maka dapat mencari tanaman merambat dan sejenisnya, seperti rotan atau bambu yang dapat dipergunakan sebagai tali.
  • Ketika tidak membawa tenda atau tidak punya tenda maka bisa menggunakan terpal yang dikombinasikan dengan bahan-bahan di atas.
  • Kemudian ikat ujung terpal ke pohon terdekat atau bisa juga pada pasak/patok
  • Selain itu bisa memanfaatkan kayu berbentuk Y untuk penyangga agar memudahkan ketika sedang mengikat.
  • Untuk tempat istirahat di tenda ada baiknya areanya lebih tinggi dari sekitarnya.
  • Bagian tempat tidur bisa juga memanfaatkan sisa terpa, karung bahkan bisa juga kayu yang disusun.
  • Bagian area tempat memasak dan menjemur pakaian bisa dari ranting pohon. Tapi selalu diingat untuk menggunakan dengan bijak.
  1. Cari lokasi yang dekat dengan mata air

Cari lokasi tenda yang dekat dengan sumber mata air. Sebab akan meringankan dalam hal mengangkut air untuk mencuci, keperluan memasak, minum, mandi, dan lainnya.

Tidak hanya itu ketika mendirikan tenda dekat mata air akan membuat hawanya lebih adem dan sejuk. Tapi tetap untuk selalu memperhatikan kondisi mata air sekitarnya. Apabila terjadi hujan lebat akan berbahaya atau tida, lalu pastikan area mata air tersebut tidak rawan longsor apabila terjadi hujan lebat.

Nah itu dia cara membuat tenda bagi pemula yang dijamin 20 menit pun tenda akan berdiri dengan kokoh. Selain itu dengan kamu mengikuti tips diatas dijamin tenda yang kamu dirikan akan aman dan nyaman untuk ditempati. Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai berkemah. Dan yang penting selalu jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, selalu jaga alam ya…

 

 

 

Tips dan Cara Membuat Tenda Kurang dari 20 Menit Bagi Pemula
Scroll to top