Mengenal Aplikasi dan Cara Kompres PDF Secara Online

Kegiatan mengkompres PDF secara online merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat modern saat ini. Seperti yang kita ketahui, file PDF kini menjadi jenis dokumen yang dapat membantu pemilik untuk mengopload dokumen atau mengirim dokumen secara online. Untuk mengupload dan mengirim file PDF, kita harus mengubah ukuran file PDF terlebih dahulu. Agar dapat mempermudah pengiriman dokumen secara online, file PDF harus diubah ukurannya menjadi lebih kecil. File PDF dapat diubah menjadi ukuran yang lebih kecil dengan memanfaatkan beberapa aplikasi yang tersedia secara online. Dari aplikasi itulah, kita nantinya dapat mengkompres file PDF secara online. File PDF yang telah dikompres tidak hanya mudah untuk dibagikan tetapi dapat pula memudahkan kita dalam melakukan penyimpanan. File PDF dengan ukuran yang kecil membuat ruang penyimpanan tidak mudah penuh.

Aplikasi dan Cara Kompres File PDF

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, cara kompres PDF secara online dapat kita lakukan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi yang tersedia. Untuk mengkompres file PDF secara online, aplikasi berbasis web menjadi jenis aplikasi yang dapat kita gunakan. Meskipun ada banyak aplikasi kompres PDF online yang beredar, ada lima jenis aplikasi kompres PDF yang direkomendasikan. Berikut ini merupakan nama aplikasi kompres PDF dan penjelasan mengenai cara pemanfaatannya:

  1. com menjadi salah satu aplikasi kompres PDF online yang dapat kita manfaatkan. Untuk memanfaatkan aplikasi ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka aplikasi terlebih dahulu. Setelah aplikasi dibuka, kita dapat meletakkan file PDF pada kotak yang disediakan oleh aplikasi. Kita hanya perlu menunggu beberapa menit hingga proses kompres file PDF selesai.
  2. ILovePDF menjadi aplikasi lainnya yang dapat kita gunakan untuk mengubah ukuran file PDF dan kompres file PDF. Membuka aplikasi IlovePDF merupakan cara pertama yang harus kita lakukan. Setelah itu, proses pemanfaatan aplikasi dapat dilanjutkan dengan cara memilih “ Select PDF File “. Pilih file PDF yang akan kita kecilkan ukurannya. Tunggu beberapa saat dan pilih Compression Level. Tunggu beberapa waktu dan pilih “ Download “.
  3. Aplikasi kompres PDF lainnya adalah Orpalis PDF Reducer. Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, kita harus mengunduh dan melakukan penginstalan terlebih dahulu. Setelah menjalankan aplikasi, kita dapat memilih source dab memilih lokasi dimana kita akan menyimpan file PDF yang telah dikompres nantinya. Klik Start Batch, tunggu beberapa saat dan dilanjutkan dengan mengklik “ Ok “.

Aplikasi online kompres PDF lain yang dapat kita gunakan adalah Nitro PDF Pro. Jika dibandingkan dengan aplikasi kompres online lainnya, Nitro PDF Pro merupakan aplikasi PDF yang powerful. Untuk menggunakan aplikasi ini, kita harus memulainya dengan membuka file PDF terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan memilih menu “ File – Optimize PDF “. Kita dapat memilih tingkat kompres berdasarkan dengan kebutuhan. Setelah memilih pilihan pengkompresan, kita hanya perlu meletakkan file PDF yang akan diubah. Langkah terakhir yang dapat kita lakukan adalah menunggunya hingga proses kompres PDF selesai dilakukan. Aplikasi kompres PDF online yang terakhir adalah Adobe Acrobat Pro. Ketika akan menggunakan aplikasi ini, kita dapat memilih file PDF mana yang akan dikompres. Pilih menu File – Save As  Other dan dilanjutkan dengan memilih Reduce Size PDF. Pilih Retain Existing dan lanjutkan dengan mengklik Ok.

Keunggulan dan Kelemahan Kompres PDF Online

Tidak hanya dihadirkan dengan pilihan aplikasi yang berbeda, proses kompres PDF secara online ternyata memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Dibandingkan dengan kelemahannya, kompres PDF secara online hanya memiliki sedikit kelemahan. Kelemahan yang terlihat sangat jelas adalah penggunaan jaringan internet. Selama kita menggunakan jaringan internet, kita tentunya harus mengeluarkan paket data sesuai dengan kebutuhan. Paket data dapat kita peroleh dengan membelinya terlebih dahulu. Karena itulah, kita harus menyediakan dana dalam jumlah tertentu guna membeli paket data yang sesuai dengan ukuran file PDF yang akan kita kompreskan. Selain mengetahui kekurangan akan kegiatan kompres file PDF secara online, berikut ini merupakan keunggulan dan kegiatan kompres PDF online:

  1. Aplikasi didukung oleh semua jenis platform. Dengan dukungan beragam jenis platform, kita dapat menjalankannya berdasarkan dengan platform yang kita inginkan.
  2. Memiliki keamanan yang terjamin. File yang kita kompres akan secara otomatis akan terhapus. File akan dihapus secara otomatis sehingga keamanan file PDF yang kita kompres akan terjaga dan terjamin dengan baik.
  3. Aplikasi kompres PDF dapat dengan mudah digunakan. Jika kita memperhatikan penjelasan mengenai aplikasi kompres PDF online dan cara penggunaannya, kita dapat mengetahui dengan pasti akan kemudahan dalam menggunakan aplikasi kompres PDF online. Kita hanya perlu menunggu beberapa menit untuk mendapatkan file PDF yang telah dikompres oleh aplikasi.
  4. Proses kompres file PDf dilakukan di dalam Cloud. Cloud merupakan server dan lokasi utama dimana proses kompresi file PDF dilakukan. Karena itulah, kita tidak akan memakan kapasitas lokasi penyimpanan file yang tersedia di dalam komputer atau perangkat yang kita gunakan.