11 Jenis Burung Perkutut, Manakah yang Membawa Peruntungan dan Kesialan?

Orang Indonesia termasuk sebagai orang yang senang memelihara hewan peliharaan. Salah satu hewan yang banyak dipelihara adalah Burung Perkutut. Burung ini dikenal dengan keunikan dan keistimewaannya. Namun, keberadaan burung ini juga memiliki mitos untuk peruntungan maupun kesialan. Karenanya, saat akan memelihara burung ini, anda harus mengetahui jenis-jenis terbaik.

Terdapat banyak jenis burung yang dipercaya membawa keberuntungan. Hal yang sama juga terjadi pada perkutut yang dipercaya membawa keburukan. Untuk membantu memilih burung yang membawa keuntungan, dikesempatan ini akan dijelaskan penjelasan terkaitnya. Tidak hanya nama, akan dijelaskan pula ciri-ciri burung, agar lebih mudah dalam membedakannya.

6 Jenis Burung Perkutut yang Membawa Keberuntungan

Inilah beberapa jenis perkutut yang dipercaya memberi keberuntungan untuk para pemilik. Untuk lebih jelasnya, simak informasi dibawah ini

  1. Perkutut Songgo Ratu

Pilihan ini cocok untuk anda yang ingin terlihat berwibawa. Hal ini karena burung ini dipercaya milik Putra Raja dari Bali. Setiap orang yang memilikinya, akan memiliki derajat dan pangkat yang meningkat. Ciri dari burung ini adalah memiliki jambul dengan bagian kakinya yang sedikit berwarna gelap. Jika ingin mempunyainya, usahakan melihat ciri-ciri tersebut.

pickupimage.com

  1. Perkutut Mercuci

Jenis perkutut lainnya yang cocok dimilikki adalah perkutut Mercuci. Perkutut jenis ini disukai karena dipercaya membawa banyak rezeki. Cirinya pun cukup unik dibanding perkutut lain, yaitu memiliki mata berwarna kuning dan tidak terlalu besar. Masyarakat Jawa mengenal burung ini dengan ciri khasnya wayang bambangan.

  1. Perkutut Sri Mangumpel

Tidak suka dengan jenis sebelumnya? Anda dapat menjadikan perkutut Sri Mangumpel sebagai pilihan. Burung ini dipercaya membawa keberuntungan berupa, keluarga pemiliknya yang akan selalu sehat dan cita-citanya akan terkabul. Saat mencari burung ini, pastikan memperhatikan ciri khasnya, yaitu ibu jarinya yang berwarna putih atau dua kuku jari yang berwarna putih.

  1. Perkutut Udan Mas

Sama seperti namanya, menurut mitos burung ini akan membawa kebahagiaan bagi setiap pemiliknya. Tidak hanya kebahagian, pemilik akan dilimpahi rezeki dan keselamatannya terjaga. Berbeda dengan perkutut lainnya, jenis ini disukai karena memiliki bulu yang unik. Di mana, warna bulunya adalah coklat muda hingga krem dan terdapat bulu kekuningan yang melingkar.

  1. Perkutut Gendawa Sabda

Keluarga yang tenang dan tentram adalah idaman dari setiap orang. Segala hal dilakukan untuk mendapatkannya, termasuk memiliki perkutut Gendawa Sabda. Tertarik memilikinya? Anda dapat mencari perkutut dengan suara yang keras dan merdu. Karenanya, perkutut ini juga dapat digunakan untuk memikat perkutut lainnya.

  1. Perkutut Wisnu Murti

Jenis perkutut yang mitosnya membawa kerbekahan lainnya adalah Wisnu Murti. Wisnu Murti memiliki warna hitam pada kaki, mata dan paruh. Walaupun berwarna gelap, perkutut ini dipercaya memberikan kesan wibawa pada pemiliknya. Karenanya, burung jenis ini banyak dipelihara oleh raja maupun pemimpin.

Tentu yang dicari adalah perkutut yang membawa peruntungan. Namun, untuk membantu mencegah mendapatkan perkutut yang dipercaya membawa kesialan, penting mengetahui beberapa jenisnya. Perkutut jenis apakah yang dimaksud?

pickupimage.com

Jenis Perkutut dan Mitos Kesengsaraan

Selain membawa peruntungan, terdapat mitos bahwa perkutut dapat membawa kesialan. Untuk mengetahui jenis-jenis yang termasuk didalamnya, simak informasi dibawah ini,

  1. Perkutut Durga Ngerik

Saay menemukan burung dengan ciri seperti ini, sebaiknya anda memikirkan ulang untuk memeliharanya. Di mana, burung ini selalu berisik (bersiul) secara terus menerus baik siang maupun malam. Menurut mitos, burung ini akan menjauhkan pemiliknya dari rezeki dan kehidupan keluarganya tidak akan akur.

  1. Perkutut Lembu Rawan

Tidak hanya Durga Ngerik, terdapat burung jenis lainnya yang dianggap tidak membawa keberuntungan. Nama burung yang dimaksud adalah Lembu Rawan. Ciri burung ini adalah bulunya yang tidak tumbuh dengan sempurna atau dikenal dengan brumbung. Tidak hanya jauh dari rezeki, burung ini dipercaya dapat mendatangkan penyakit pada pemiliknya.

  1. Perkutut Buntel Mayit

Dari namanya, mungkin anda sudah enggan untuk memiliki burung ini. Burung ini dipercaya mendatangkan malapetaka untuk pemiliknya. Karenanya, tidak banyak orang yang menyukai perkutut jenis ini. Untuk membantu membedakannya dengan perkutut jenis lainnya, cobalah memperhatikan bagian sayapnya, adakah bulu putih atau tidak.

rgbstock.com

  1. Perkutut Kelabang Kapipit

Satu lagi perkutut yang dirasa tidak cocok untuk dipelihara adalah perkutut kelabang kapipit. Karena perkutut jenis ini dipercaya akan mendatangkan sengketa dalam rumah tangga. Ciri khas burung ini adalah sayapnya yang dikembangkan, akan menunjukkan bulu berwarna putih. Jika mendapat burung dengan ciri ini, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memeliharanya.

  1. Perkutut Durga Nguwuh

Tertarik memelihara perkutut Durga Nguwuh? Sebaiknya perhatikan kembali untuk memelihara burung ini. Karena mitosnya, burung ini akan mendatangkan banyak halangan. Contohnya, sering sakit, rumah tangga yang kacau hingga sering kekurangan (ekonomi). Ciri dari burung ini adalah suaranya yang sering muncul di tengah malam.

Dari semua jenis burung di atas, manakah burung yang menjadi pilihan anda? Jika mencari informasi terkait burung perkutut lainnya, cobalah mencarinya di pengicau.net. Di sana terdapat informasi terkait memilih anakan hingga cara membuat perkutut memiliki suara yang indah.