Jenis Rumput Liar

Perumbuhan rumput yang sangat pesat di berbagai tempat membuat tanaman ini sering dianggap sebagai rumput liar atau gulma. Ada banyak sekali jenis rumput liar yang tumbuh di Indonesia. Nah berikut ini jenis rumput liar yang perlu Anda ketahui

  • Putri malu

Tanaman putri malu sangat cepat dalam berkembang biak, sehingga sering dianggap gulma. Tanaman ini memiliki batang yang bulat, memiliki bulu halus disekitar batang dan berduri.

  • Crab grass

Proses pertumbuhan rumput ini tergolong cepat, dan sering dianggap sebagai gulma. Crab grass tidak memiliki bunga rumput.

  • Rumput teki

Tanaman ini mudah sekali tumbuh di berbagai tempat, seperti perkebunan, persawahan, pekarangan rumah, dan lain sebagainya. Rumput teki merupakan tanaman tahunan yang mampu tumbuh dengan tinggi 140 cm.

 

Tanaman Rumput Yang Memiliki Bunga

Selain tumbuh dengan liar, Anda seringkali menjumpai beberapa rumput yang memiliki bunga, atau sering disebut dengan bunga rumput. Nah berikut ini tanaman rumput yang memiliki bunga perlu Anda ketahui

  1. Rumput ilalang

Rumput ini tumbuh dengan sangat cepat dan merumpun di tempat tertentu. Rumput ini memiliki bunga yang bertesktur kaku, tipis, serta tajam.

  1. Ranting domba

Rumput domba, merupakan rumput yang paling banyak ditemukan diwilayah perkebunan. Rumput ini memiliki bentuk batang yang cukup besar dan tegak lurus mengarah keatas. Jika sedang mekar, rumput domba memiliki bunga yang berwarna putih.

  1. Rumput bandotan

Rumput ini termasuk rumput liar, karena sering menyerang lahan pertanian. Tanaman bandotan memilii bentuk daun yang bergerigi berbentuk hati, memiliki bunga rumput yang berukuran kecil. Tanaman ini mengeluarkan bau menyengat seperti bau kambing.

  1. Rumput pecut kuda

Tanaman liar ini mudah ditemukan di wilayah tropis seperti di Indonesia. Dinamakan pecut kuda karena bentuk daunnya terlihat mirip dengan cambuk kuda. Memiliki daun berbentuk bulat atau lonjong,  dan memiliki bunga rumput berwarna ungu.

  1. Binweed

Warna bunga dari rumput binweed ini bermacam-macam, Anda dapat menemukan bunga berwarna putih, biru, hingga buga berwarna ungu. Rumput ini memiliki bentuk batang yang lebih tebal dan memiliki bulu halus di sekitar batang, daun yang berbentuk hati.

 

Setelah memahami artikel di atas, ternyata rumput liar ada yang memiliki bunga rumput dan adapula yang tidak memiliki bunga rumput ya. Melalui penjelasan di atas, semoga pengetahuan yang didapat lebih luas ya.

 

Bunga Rumput Liar
Scroll to top