Kisah Ashabul Kahfi Yang Dituliskan Dalam Alquran

ashabul kahfi

Ashabul kahfi dianggap sebagai gua tempat sekelompok pemuda saleh (disamakan dengan legenda Kristen ‘Sleepers of Ephesus‘) mencari perlindungan dari raja penyembah berhala yang tiran dan di mana Allah (ﷻ) menyebabkan mereka tidur selama 300 tahun. Kisah mereka disebutkan dalam Alquran dalam Surat Kahf. Gua ini terletak di pinggiran kota Abu Alanda di Amman.

Apa Itu Ashabul Kahfi

Apa Itu Ashabul Kahfi

ilustrasi Apa Itu Ashabul Kahfi (photo: pixabay.com)

Pada sekitar tahun 250 M, pemerintah seorang raja Romawi bernama Daqyanoos (Decius) yang setiap tahun akan mengadakan pertemuan yang didedikasikan untuk menyembah berhala. Banyak orang akan hadir, mengenakan pakaian terbaik mereka. Namun, seorang pemuda percaya pada keesaan Allah (ﷻ), ajaran Isa (damai) dan dijauhi ibadah kafir. Dia memberontak terhadap praktik-praktik yang terjadi di masyarakat. Dia menarik pemuda lain dan kemudian yang lain untuk membentuk kelompok kecil.

Ketika raja mendengar tentang pemberontakan mereka, dia menjadi sangat marah dan mengeluarkan perintah agar mereka dibunuh. Untuk menyelamatkan iman mereka, mereka melarikan diri dan bersembunyi. Pada rute pelarian mereka, mereka bertemu dengan seorang petani muda yang memiliki seekor anjing; mereka memberinya dakwah, dia menerima dan memutuskan untuk juga bergabung dengan mereka. Akhirnya mereka datang ke sebuah gua di mana mereka membuat doa kepada Allah (ﷻ) untuk kemudahan. Mereka memutuskan untuk beristirahat sebentar di sana, meninggalkan anjing (bernama Qitmir) di dekat pintu masuk sebagai penjaga. Allah (ﷻ) menyebabkan mereka dan anjing tidur selama 300 tahun.

Peristiwa yang Digambarkan Dalam Alqur’an

Peristiwa yang Digambarkan Dalam Alqur’an

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Allah (ﷻ) menggambarkan tidur mereka di dalam Al-Qur’an dalam Surat Kahf:

“Dan Anda akan berpikir mereka bangun ketika mereka tidur. Kami membalikkan mereka di sisi mereka, kanan dan kiri. Dan kaki depan anjing mereka diregangkan ke depan pintu. Jika Anda melihat mereka, Anda akan melarikan diri dari mereka dan akan dipenuhi dengan kekaguman mereka. ” [18:18]

Al-Quran lebih lanjut menyatakan bahwa periode waktu yang dihabiskan oleh orang-orang yang tidur di gua ini adalah 300 tahun di mana kalender orang-orang mereka diubah dari matahari menjadi bulan dan, sebagai hasilnya, periode tidur mereka adalah 309 tahun. Ketika mereka bangun, mereka tidak tahu bahwa mereka tidur selama berabad-abad dan mengira mereka hanya tidur beberapa jam. Ketika mereka mengirim salah satu dari mereka untuk membeli makanan, penjaga toko kagum melihat koin-koin kuno tersebut dan kenyataan waktu yang mereka habiskan di dalam gua perlahan-lahan terungkap. Raja yang berkuasa saat ini, yang diidentifikasi oleh beberapa sarjana sebagai Tandoosees, adalah seorang beriman yang berjalan kaki untuk melihat mereka dan mencari berkah mereka. Ketika para pemuda ini meninggal, mereka dimakamkan di gua bersama dengan anjing mereka. Tulang-tulang pemuda dan anjing ini terlihat untuk melihat ke dalam.

Selain Amman di Yordania, lokasi gua juga diklaim berada di Turki. Dan Allah (ﷻ) tahu yang terbaik. Di sebelah kiri pintu masuk adalah pohon zaitun kuno. Pada suatu waktu sebuah gereja kecil dibangun di atas gua; ini dikonversi menjadi masjid dengan mihrab masih terlihat di atas pintu masuk.

Untuk membuatnya mudah, berikut adalah daftar beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan hanya mendengarkan Quran mp3 atau audio Quran.

  • meningkatkan kreativitas Anda
  • tingkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi
  • mengobati penyakit kronis dan tak tersembuhkan
  • membantu menjadi lebih baik sebagai pribadi dengan mengubah kebiasaan dan perilaku Anda
  • dapatkan kedamaian dalam diri Anda dan sembuhkan ketegangan saraf
  • mengurangi kegugupan, iritasi, dan presipitasi
  • mengurangi rasa takut dan ragu
  • kembangkan dan perkuat kepribadian Anda
  • menyembuhkan penyakit non-kronis seperti alergi, sakit kepala, flu, dll.
  • kembangkan kemampuan bicara Anda

itulah beberapa manfaat yang bisa anda rasakan dengan mendengarkan bacaan alquran. Anda juga bisa Download surat al kahfi pada Mp3 Sehingga anda tidak perlu lagi melakukan streaming dan jauh lebih mudah untuk mendengarkan berbagai surah yang ada di alquran. Selain itu, anda juga akan lebih mudah untuk mendengarkan berbagai bacaan alquran tentunya. Bangi anda yang masih bingung membaca ayat alquran yang benar, mendengarkan mp3 bisa menjadi solusi untuk masalah anda tersebut.

Banyak hal yang bisa dipelajari sembari mendengarkan hafalan alquran. Anda bisa membaca alquran sembari mendengarkan mps supaa anda tahu bagaimana cara pelafalan yang benar dan dimana anda bisa berhenti membacaannya, panjang pendek bacaan pun bisa anda pelajari.

Bagi anda yang ingin menghafal pun, dengan mp3 hafalan anda bisa lebih cepat karena anda bukan hanya membaca tapi juga juga mendengar sehingga proses menghafal akan jauh lebih mudah.

Bagi umat Islam, tentu saja mendengarkan Al-Quran memberi banyak manfaat lebih dari itu. Selain itu, ini juga merupakan tindakan takwa dalam agama kita. Manfaatnya hanyalah bonus terlepas dari kesenangan mendengarkan Quran. Meskipun manfaat ini tidak muncul dalam semalam. Tak usah dikatakan lagi. Mereka dihasilkan dari mendengarkan terus-menerus pembacaan Al-Qur’an. Jadi tunggu apa lagi? Unduh Quran dan dengarkan audio Quran atau Quran mp3 untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat ini. Itulah keuntungan menggunakan mp3 untuk bacaan alquran dan kisah ashabul kahfi.