Ibadah haji termasuk dalam rukun Islam yang mana menjadi wajib hukumnya bagi orang yang mampu. Ini merupakan salah satu ibadah yang paling spesial karena kita melakukan ibadah secara langsung di tanah suci. Bagi setiap muslim di seluruh dunia, haji merupakan sesuatu yang sangat bermakna karena mereka bisa mengikuti jejak Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam di Baitullah. Ibadah ini terasa spesial karena hanya dilakukan pada bulan Syawal, Zulqaidah, dan Zulhijjah saja. Jadi tidak heran jika banyak umat muslim khususnya di Indonesia yang memimpikan untuk melakukan ibadah ini. Namun sayangnya, biaya haji dan waktu tunggu yang tidak sedikit menjadi salah satu hal yang membuat para jamaah sulit untuk mewujudkan impian untuk menunaikan ibadah ini. Beruntung bagi mereka yang bisa menggunakan layanan Haji Plus yang menawarkan beragam penawaran menarik untuk melakukan program ibadah haji.

Table of Contents

Paket Haji Plus Sudah Termasuk Layanan Ini

Apa yang membedakan layanan haji plus dengan haji reguler? Secara umum, tidak ada perbedaan mencolok tentang kedua layanan tersebut. Hanya saja layanan haji plus diselenggarakan oleh pihak ketiga, yang masih dalam pengawasan Kementrian Agama, dan memiliki wewenang untuk menyelenggarakan ibadah haji khusus. Program haji plus dari pihak swasta menjadi salah satu alternatif bagi kaum muslim yang ingin berangkat ke tanah suci untuk beribadah haji. Hanya saja biaya haji plus memang lebih mahal daripada haji reguler yang diselenggarakan Kementerian Agama. Akan tetapi, seluruh peserta haji plus akan mendapatkan beberapa paket khusus, seperti:

1. Masa Tunggu yang Singkat

Sudah bukan rahasia umum lagi jika haji reguler memiliki masa tunggu yang sangat lama. Dalam beberapa siaran berita terakhir, masa tunggu bagi jamaah haji Indonesia yang ingin berangkat ke Baitullah mencapai 15 hingga 20 tahun. Ini merupakan salah satu kendala bagi umat muslim yang sudah lanjut usia. Dengan memilih layanan haji plus, masa tunggu bisa lebih singkat karena hanya sekitar 3 hingga 5 tahun saja.

2. Akomodasi Plus Plus

Selain masa tunggu yang jauh lebih singkat, layanan akomodasi sudah termasuk paket yang dibayarkan. Peserta haji plus akan mendapatkan layanan penerbangan yang lebih cepat karena tanpa transit di beberapa bandara. Waktu penerbangan yang singkat tentu menjadi keuntungan bagi jamaah agar tidak terlalu lelah di perjalanan. Tak hanya itu saja, peserta program haji plus juga diinapkan di hotel yang sangat dekat dengan Masjidil Haram. Hal ini juga sangat menguntungkan karena jarak yang dekat dengan Masjidil Haram membuat ibadah haji menjadi lebih khusyu’.

3. Layanan Tenda di Mina dan Arafah

Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok soal tenda di Arafah dan Mina. Hanya saja, fasilitas tenda haji plus lebih lengkap karena dilengkapi dengan alas tidur kasur dan sistem pendingin.

4. Pelaksanaan Haji yang Lebih Singkat

Program haji reguler memakan waktu hingga 40 hari, terhitung sejak hari pertama meninggalkan Indonesia. Itupun dibagi menjadi dua gelombang, yakni Madinah dan Makkah. Haji plus memakan waktu yang singkat, tergantung kelompok haji, yakni Arbain di Masjid Nabawi dengan pelaksanaan hanya sekitar 25 hari dan Non Arbain dengan waktu yang lebih singkat, yakni hanya 15 hingga 19 hari saja.

Itulah 5 paket yang biasanya sudah termasuk dalam program haji plus yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus.

Apa Saja Paket Yang Sudah Termasuk Dari Biaya Haji Plus Yang Sudah Dibayar
Scroll to top