Apa Itu Tayamum? Tata Cara Melakukannya

Tayamum adalah bentuk bersuci dari hadas dengan menggunakan tanah (debu). Seperti yang sudah diketahui bahwa cara ini bisa dilakukan selama Anda tidak memiliki air. Alternatif tersebut menjadi sangat membantu karena tidak jarang dalam keadaan kekirangan. Sumber air tidak menghasilkan air suci. Dalam Surat An-Nisa ayat 43 dijelaskan bahwa terdapat dua alasan seseorang melakukan tayamum. Pertama, keadaan sakit yang tidak memungkinkannya menyentuh air.

Kedua, tidak ditemukan air disekitar. Terdapat pendapat lain yang lebih detail. Yaitu, diperbolehkan tayamum ketika jumlah air hanya cukup untuk minum. Beberapa pengajaran dalam Islam seringkali membuat keringanan untuk pemeluknya. Bukan hanya tentang tayamum. Hal serupa juga terjadi pada aturan jama’ qosor.

Dimana seseorang diperbolehkan meringkas dan menjumlahkan rokaat sholat saat bepergian jauh. Tentu saja kedua solusi tersebut muncul karena munculnya alasan kuat yang mendasarinya. Nah, aturan melakukan tayamum sendiri tidak bisa disamakan seperti wudhu. Sebab, disini tanah suci hanya cukup diratakan pada wajah dan lengan.

Tanpa melibatkan kaki, sebagian rambut, dan kedua telingan. Meskipun begitu Anda harus memastikan bahwa tanah (debu ) yang digunakan suci dari berbagai benda najis. Sedangkan untuk sunnah tayamum menghadap qiblat. Setelah itu, lakukan sholat sesuai aturan. Ketentuan tayamum seketika hilang saat Anda melihat air sesuai ketentuan wudhu.

Tata Cara Tayamum yang Perlu Diketahui

Hal utama yang harus dipersiapkan ialah tanah atau debu suci. Ketika Anda berada dalam kereta bisa mengunakan debu yang menempel pada jendela. Nah, berikut urutan yang wajib diketahui:

  1. Menghadap kiblat dan membaca basmallah. Posisikan telapak tangan pada debu. Selanjutnya, rapatkan jari-jari.
  2. Ucapkan debu yang menempel pada tangan ke wajah. Disertai niat tayamum.
  3. Berikutnya letakan kembali tangan pada debu. Namun, sekarang dalam keadaan jari-jari tangan renggang. Tempelkan tangan kiri pada pungung tangan kanan. Tarik hingga siku dan balikan pada jari telunjuk. Hal serupa juga dilakukan untuk tangan sebelah kanan.
  4. Terakhir pertemuykan telapak tangan dan sela-selakan pada jari.

Rukun Tayamum yang Wajib Diketahui

Rukun tayamum adalah semua hal yang harus dipersiapkan saat bertayamum. Sama seperti kegiatan thoharoh lainnya. Pertama, Anda harus berniat untuk bersuci dengan cara tayamum. Kedua, mengusapkan debu ke wajah. Ketiga, usapkan debu atau tanah pada dua tangan hingga siku. Keempat, lakukan secara berurutan.

Tayamum menjadi jalan keluar paling mudah untuk mengantikan wudhu. Bagaimanapun dalam keadaan darurat dan waktu sholat telah tiba. Sedangkan ketentuan bertayamum akan hilang saat Anda menemukan air dalam jumlah banyak. Setidaknya, bisa digunakan untuk melakukan wudhu. Materi lebih detail bisa dilihat pada hasana.id. Semoga bermanfaat.