Ikan memang terbukti memiliki kandungan yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Ikan air tawar yang banyak dikonsumsi adalah ikan gabus. Ikan ini memiliki kandungan protein dan gizi lain bahkan mengalahkan ikan salmon. Menjadi hal yang wajar jika ikan satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jika anda belum menyukai olahan ikan ini sebaiknya, intip manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda pada ulasan berikut.

Manfaat Ikan Channa Striata Yang Harus Anda Tahu

  1. Mengatasi Kurang Gizi

Menjaga keseimbangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh bukanlah pekara yang mudah. Apalagi untuk gizi pada anak anak yang kerap kali menolak makan ini dan itu. Kebiasaan susah makan pada anak ini bisa menjadi salah satu penyebab kekurangan gizi. Dengan mengkonsumsi ikan satu ini maka kebutuhan gizi akan terpenuhi dan bisa mengatasi kekurangan gizi. Sebab ikan air tawar ini memiliki nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan harian.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat utama ikan air tawar ini adalah mampu menyembuhkan luka. Manfaat ini didapatkan dari kandungan albumin yang tinggi di dalam Channa Striata. Albumin merupakan protein yang utama pada darah sehingga memiliki peranan yang penting untuk menyembuhkan luka. Berdasarkan penelitian pemberikan ekstrak ikan gabus untuk pasien pasca operasi, terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Menjaga Cairan Agar Tetap Seimbang

Dehidrasi merupakan salah satu keadaan tubuh yang terjadi karena kekurangan cairan pada tubuh. Nyatanya ikan air tawar ini tidak hanya memiliki kandungan protein yang tinggi namun juga mampu menjaga seimbangnya cairan pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan albumin pada ikan. Kadar cairan yang tidak seimbang, bisa menyebabkan berbagai masalah tubuh termasuk menganggu proses menyerapnya protein.

  1. Nutrisi Untuk Pertumbuhan

Ikan satu ini sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui juga untuk anak anak. Sebab kandungannya mampu menutrisi pertumbuhan yang baik. Sehingga tumbuh kembang buah hati bisa terjadi dengan baik dan sempurna. Selain anak anak, ikan ini juga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada lansia. Jika untuk anak anak mampu mengurangi kekurangan gizi, maka jika dikonsumsi sang ibu bisa dikatakan sebagai pencegahan.

Tidak hanya itu, manfaat ikan ini untuk ibu hamil sangat bagus untuk tumbuh kembang janin dan juga rahim. Sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus agar kebutuhan protein bisa terpenuhi. Apalagi protein adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Meskipun bisa didapatkan dari bahan lain namun ikan air tawar ini sangat bagus.

Manfaat yang dimiliki oleh ikan air tawar ini sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan kandungan albumin dalam ikan yang sangat tinggi. Tak heran jika dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan ini untuk penuhi kebutuhan harian. Untuk mendapatkan ikan air tawar ini juga tidak terlalu sulit. Bahkan bisa mencarinya di beberapa pasar tradisional setempat. Olahan ikan ini juga bisa dikreasikan sesuai dengan selera.

 

6 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui
Scroll to top