Tanah gambut seringkali kurang diunggulkan dari segi karakteristik atau sifatnya. Akan tetapi masyarakat sekitar tetap bisa mengoptimalkan fungsinya. Contoh paling konkritnya akan kami uraikan sebagai mana berikut ini.

Pemanfaatan Tanah Gambut Terefektif

Lahan Pertanian

Tanah gambut memang biasanya memiliki kandungan asam lebih tinggi. Namun masih cukup bagus untuk beberapa jenis perkebunan. Semisal bibit buah, sayur, kopi, karet, kelapa serta sawit bisa tumbuh lebih kuat serta cepat.

Lahan Sumber Air

Tanah gambut yang berasal dari lapukan tanaman yang tak sempurna bisa menjadi sumber air memadai. Tanah tersebut akan menyerap banyak air serta menyimpannya dalam jangka waktu yang panjang.

Lahan Sumber Energi

Tanah gambut juga efektif dimanfaatkan sebagai sumber energi bahan bakar semisal briket atau juga energi kelistrikan. Tanah gambut memiliki kandungan kalori optimal serta abu minimalis.

Demikianlah jenis pemanfaatan dari tanah gambut yang paling efisien. Baik itu dari segi pertanian, cadangan air maupun energi semuanya amat bermanfaat bagi masyarakat. Sumber daya yang dikelola tepat bisa menjadi solusi tanpa batas.

 

3 Pemanfaatan Tanah Gambut Paling Efektif
Scroll to top