3 Negara Termiskin di Dunia

Bumi ini memang merupakan planet yang dipenuhi dengan kekayaan alam. Namun faktanya, tak semua negara di dunia bisa merasakan hidup sejahtera. Ada negara-negara yang masuk dalam kategori miskin sehingga benar-benar membutuhkan bantuan negara-negara sejahtera. Namun perlu Anda catat bahwa istilah ‘miskin’ disini tidak selalu berarti kelaparan. Beberapa negara mesti mengalami goncangan ekonomi karena peperangan, perubahan iklim, utang negara, dan lainnya. Nah di bawah ini kami akan membahas 3 negara termiskin di dunia!

  1. Niger

Negara termiskin di dunia yang pertama yaitu Niger. PBB mencatat bahwa GDP per kapita negara Nigger sangatlah rendah yaitu $906 saja. Selain itu rata-rata harapan hidup di Niger yaitu 60.4 tahun, dan rata-rata orang yang bisa sekolah hanya selama 2 tahun. Dengan ketiga indikator tersebut menunjukan bahwa Niger memang merupakan negara termiskin di dunia. Bank Dunia pernah mencatat bahwa 21 juta warga Niger mengalami kemiskinan ekstrem. Niger sangat sulit berkembang karena terhalang beberapa faktor seperti terorisme, perubahan iklim, meledaknya pertumbuhan populasi, hingga migrasi. Selain itu negara Niger juga dilanda kemiskinan ekstrem, khususnya ketersediaan makanan yang layak makan. Selain itu, Niger juga dikenal sebagai negara dengan kasus penyakit malaria endemik terbanya di dunia.

 

  1. Republik Afrika Tengah

Pada tahun 2018 yang lalu, Global Hunger Index (GHI) mencatat bahwa negara Republik Afrika Tengah sebagai satu-satunya negara dengan level kelaparan ekstrem. Kelaparan dan kemiskinan menjadi dua hal yang sangat identik dengan Republik Afrika Tengah. Bank Dunia pernah mencatat bahwa 62% warga Republik Afrika Tengah hidup dalam kemiskinan.

 

  1. Sudan Selatan

Perlu Anda ketahui, Sudan Selatan baru merdeka pada tahun 2011 yang lalu. Namun karena banyaknya konflik bersaudara, pemindahan warga, dan krisis kemanusian menjadikan Sudan Selatan sulit untuk berkembang. Selain itu kesempatan kerja di Sudan Selatan sangatlah kecil, sehingga banyak warga Sudan Selatan yang akhirnya mengalami kemiskinan.

 

Demikianlah ulasan 3 negara termiskin di dunia, semoga semakin menambah wawasan Anda ya!

Scroll to top