Cacing Sutera sering disebut cacing rambut, walaupun ukurannya kecil namun memiliki banyak manfaat. Tak heran banyak yang membudidayakan, pastinya menguntungkan dan mudah dibudidaya. Perlu diketahui, cacing sutera memiliki kumpulan gizi sangat baik sehingga hasil ternak berkualitas.

Cara Budidaya Cacing Sutera

Siapapun dapat membudidaya cacing Sutera walaupun tidak memiliki lahan yang luas. Cacing tersebut dapat dibudidaya dimana saja, termasuk di halaman rumah. Yang terpenting menjaga kebersihan lingkungan agar tidak mengganggu rutinitas sehari-hari. Berikut ada 3 cara budidaya yang dapat dipraktekan, antara lain:

  1. Mengutamakan Bibit Cacing Sutera

Memprioritaskan bibit cacing sutera langkah pertama budidaya akan berhasil atau tidak. Anda dapat membeli bibit cacing pada penjual ikan maupun pasar hewan, dengan begitu budidaya dapat dilakukan secepat mungkin. Jika anda memiliki sawah, sah-sah saja loh asalkan memilih bibit yang berkulitas karena mempengaruhi proses budidaya.

  1. Menggunakan Media yang Tepat

Media budidaya cacing Sutera ada 2 macam, yaitu media air biasa dan media lumpur. Tatkala memilih media lumpur, pilihlah lumpur berkualitas dan tidak mengandung logam sehingga bagus untuk pertumbuhan cacing, anda dapat menemukan lumpur tersebut diarea sawah karena sawah menjadi tempat bertumbuhnya sayuran dan lain-lain. Pastikan lumpur dialiri air yang baik sehingga tidak kering.

Sementara media air biasa juga praktis loh, cukup sediakan nampan-nampan bersih dan besar sebagai tempat tinggal cacing. Pastikan air selalu mengalir sehingga bagus untuk perkembangan cacing.

  1. Merawat Cacing Dengan Benar

Walaupun cacing dianggap mudah hidup dimana saja, saat budidaya cacing Sutera harus dirawat dengan baik. Perawatan cacing peranan utama keberhasilan budidaya sehingga dibutuhkan ketelatenan merawat, diantaranya memperhatikan debit air yang mengalir pada media yang digunakan. Pastikan debit air berkisar 5 sampai 6 cm saja.

Memperhatikan proses budidaya cacing Sutera memang penting. Selain merawat cacing, berikan pakan yang benar agar cacing tumbuh sehat seperi ampas tahu maupun bahan organik yang sudah difermentasikan. Tujuannya agar panen cacing Sutera melimpah karena pertumbuhannya selalu dijaga sehingga tidak mudah mati.

 

3 Cara Budidaya Cacing Sutera Paling Mudah
Scroll to top